Home » » Sebagai Pengembangan Potensi Karir Siswa, di Gelar Tes SDS kepada Santri Pesantren MA Nuhiyah

Sebagai Pengembangan Potensi Karir Siswa, di Gelar Tes SDS kepada Santri Pesantren MA Nuhiyah

Posted by LPM REDLINE on 6 Nov 2022


Kelas santri 12 MA Nuhiyah Pambusuang Polewali Mandar. 


Geleri BKI IAIN Parepare– Dosen BKI IAIN Parepare Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan Tema Pengembangan Potensi Karir Peserta Didik (Santri) Di Pesantren MA Nuhiyah Pambusuang Polewali Mandar Melalui Tes SDS dan Pendampingan Bimbingan Karir. Kegiatan Tes di lakukan pada 29 november 2022 dan Konsultasi Hasil Tes dan Pendampingan Pada tanggal 5 November 2022. (11/06)

Pengabdian ini dilakukan oleh Ulfah Usman M.Pd yang merupakan dosen Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) di IAIN Parepare, pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari tridarma perguruan tinggi, pengabdian ini dibiayai oleh DIPA IAIN Parepare Tahun 2022 dengan melalui proses seleksi dan Ulfah lolos sebagai salah satu penerima bantuan tersebut.

Peserta pada kegiatan yang digelar di Pesantren MA Nuhiyah Pambusuang Polewali Mandar ini meliputi Santri kelas XII Yaitu 47 peserta didik, yang merupakan gabungan dari tiga kelas yang ada di pesantren Nuhiyah. Kemudian pendampingan hasil tes dilakukan bersama dengan 12 guru mata pelajaran d kelas XII MA Nuhiyah. 

Kegiatan pengembangan potensi karir ini dilaksanakan dengan tujuan membantu santri mencari pekerjaan seperti apa yang mesti mereke ambil ataupun membantu santri menentukan jurusan apa yang cocok bagi mereka untuk pengembangan dirinya.

Kegiatan dilaksankan dengan 2 tahap, tahap pertama pada 29 november 2022 yaitu pembukaan oleh salah satu guru di MA Nuhiyah, serta pemberian arahan dan penjelasan mengenai agenda-agenda kegiatan pengabdian ini, sekaligus langsung pemberian tes kepada santri oleh Ulfah pelaksana kegiatan. Tahap kedua dilaksanakan Pada 5 November 2022 yaitu konsultasi hasil tes, dan pendampingan bimbingan karir dengan strategi intruksional pada guru mata pelajaran. Serta evaluasi kegiatan dilakukan dengan pemberian kuesioner dan evaluasi jangka panjang dengan melihat perkembangan siswa dalam mngeksplorasi diri.

Memberi sambutan yang baik bapak Subhan saleh S. Pdi, M. Pd. berkata, "Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat membantu santri (peserta didik) mengetahui dan mengenali minat karirnya sehingga bisa menjadi acuan dalam memilih pendidikan lanjutan se tammat dr MA Nuhiyah." Ucapnya.

Serta dari salah satu peserta tes dari kelas XII yaitu umama berkata kegiatan pengembangan ini sangat bermanfaat, "Kegiatan tes ini bagus sekali karena kegiatan ini membantu saya dan teman-teman saya mengenali pekerjaan yang sesuai dengan diri kami dan membantu membuat perencanaan karir kami" ucapnya.



Reporter : Ulf

Redaktur : NRE



SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE