Home » » Malam Pertama Mengasyikkan..!!

Malam Pertama Mengasyikkan..!!

Posted by LPM REDLINE on 30 May 2015


Proses Penerimaan materi teknik menembus narasumber oleh bang Samir
Materi pertama Training Of Journalist (TOJ) pada Jum'at malam di Studio Pare TV yang dibawakan oleh bang Samir. Materi ini bertujuan untuk mengarahkan peserta agar mudah menembus narasumber sehingga dapat menghasilkan data-data yang akurat. Langkah menembus narasumber ada 15 yakni,
1. Kenali narasumber anda.
2. Perkenalkan diri anda kepada narasumber.
3. Sampaikan tujuan Anda mewawancarai dia? Apa topik wawancara Anda dan mengapa itu ditanyakan?
4. Sampaikan kepada narasumber kerugian yang bakal dia dapatkan jika tidak mau berkomentar.
5. Jika tidak bersedia, mintahlah narasumber untuk memberikan satu dua pernyataan. Misal "ya" atau "tidak", "benar" atau "salah".
6. Jika sedari awal narasumber diketahui tidak suka dengan topik pembicaraan yang akan disampaikan. Cari tahu topik yang dia sukai, ini bisa dijadikan pintu masuk untuk isu yang ingin ditanyakan.   
7. Jika tetap tidak bisa. tutup pembicaraan dengan sopan dan sampaikan mungkin di lain waktu bisa bekerjasama dengan baik.
8. Jika narasumber tidak mau, jangan terus Anda menyerah. Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan.
9. Jika narasumber adalah seorang pembicara. Jurnalis juga bisa menyamar sebagai peserta dengan membayar yang memiliki hak untuk bertanya.
10. Jika narasumber utama tidak berhasil Anda dapatkan. Cari dan gunakanlah narasumber sekunder untuk menopang data dan informasi yang hendak Anda klarifikasi. 
11. Jika narasumber bersedia menemui Anda berpakaianlah yang sopan.
12. Bertanyalah yang sopan hindari menghakimi narasumber. Sekalipun narasumber kita adalah orang yang diduga kuat tersangka dalam sebuah kasus.
13. Gunakanlah sedikit guyonan agar wawancara tidak berlangsung kaku.
Proses Evaluasi materi Teknik Menembus Narasumber
14. Jangan suka memotong pembicaraan.
15. Pilih tempat yang netral. Jika Anda berhasil membujuk narasumber untuk bertemu dalam sebuah wawancara, jika materi yang akan ditanyakan sangat sensitif pilihan tempat netral dan terbuka.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi tersebut, buktinya banyak yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Hingga pada proses evaluasi keantusiasan peserta juga makin bertambah. Walaupun malam semakin larut tapi hal ini tidak mengurangi semangat mereka untuk terus belajar. (FM/RL)

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE