Home » , » Kartini Memperjuangkan Hak Pendidikan Bagi Wanita

Kartini Memperjuangkan Hak Pendidikan Bagi Wanita

Posted by LPM REDLINE on 21 Apr 2017

https://indoberita.com

Kampus, RedLine News-- Tepat tanggal 21 april yang merupakan peringatan hari Raden Ajeng Kartini, tokoh yang mengangkat derajat perempuan Indonesia dalam beberapa bidang seperti bidang pendidikan, dan sosial, hal itu memberikan dampak yang positif kepada kaum hawa, (21/04).

Beberapa mahasiswa memberikan tanggapan mengenai hari Kartini. Amaluddin, Program Studi Ahwalu Sasia (AS), berpendapat bahwa, pada peringatan hari Kartini, kaum hawa mampu membedakan ranah pribadi dan ranah umum. "Wanita yang tahu menempatkan posisinya dalam ranah pribadi dan umum, kapan harus diam atau bersuara, kapan harus bertindak, bukan melulu tentang kompetisi dan arogansi gender, menghargai lelaki sebagai partner dan diri sendiri dalam koridor dan takaran yang tepat," ungkapnya.

Nur Akmaliah prodi ekonomi syariah, berpendapat bahwa tanpa adanya Raden Ajeng Kartini kaun Hawa tak akan pernah merasakan pendidikan dan kebebasan dalam berkarya “berkat perjuangan ibu kartini, tidak mungkin perempuan bisa sekolah seperti saat ini karena dulu perempuan dilarang bersekolah, hanya tinggal dirumah," jelasnya.

Saidah selaku dosen  menyatakan bahwa, Raden Ajeng Kartini menjadi pejuang wanita yang memperjuangkan hak pendidikan bagi wanita. “Dia  mengangkat derajat perempuan bagaimana mereka bisa mendapatkan pendidikan serta berperan dalam masyarakat, kita sebagai perempuan punya apresiasi terhadapa kartini," ujarnya.

Beliau pun mengharapkan di tanggal 21 April ini perlu adanya kegiatan sebagai bentuk apresiasi yang bisa kita berikan terhadap pejuang Wanita. "Mestinya ada kegiatan misalnya donor darah atau memberikan sosialisasi, khususnya di kampus kita, kedepannya misi yang telah disampaikan ibu kartini harus tetap selalu ada pada  perempuan di berbagai kalangan sebagai gambaran perjuangan kartini mengangkat derajat perempuan," Harapnya


Reporter: Wih & Way
Editor: Yan


SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE