Home » » Jadi Guru Profesional Harus Miliki 4 Pilar Pendidikan Ini

Jadi Guru Profesional Harus Miliki 4 Pilar Pendidikan Ini

Posted by LPM REDLINE on 1 Dec 2017


Aula, Red Line News-- Ratusan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jurusan Tarbiyah dan Adab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare mengikuti Workshop Empat Pilar Kompetensi Calon Guru yang dilaksanakan pada tanggal 1-3/12 di Aula STAIN Parepare, (1/12).

Dahlan Thalib selaku Pena PRODI PAI menjelaskan tujuannya adalah untuk mempersiapkan diri dalam menerjang profesi guru. Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat (1) bahwa  seorang guru wajib memiliki empat kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.  

“Jadi tujuan pokok dari pelaksanaan kegiatan workshop ini adalah mempersiapkan alumni-alumni yang nantinya ketika telah terjun dalam langsung dalam dunia pendidikan mampu menerapkan ke-empat pilar tersebut ketika menjadi guru Pendidikan Agama Islam," Ujarnya.

Kegiatan Workshop ini bertemakan “Menuju PAI Profesional dan Beretika” dan diperuntuhkan kepada mahasiswa semester tiga dan lima.

Sugisman selaku ketua panitia mengungkapkan mahasiswa yang mengikuti workshop PAI mampu menerapkan etika guru kedepannya . “Kami inginkan kepada seluruh mahasiswa PAI nantinya sebagai calon guru harus betul-betul mengaplikasikan empat pilar kompetensi ini," ungkapnya.

Adanya inovasi dari pelatihan yang diadakan oleh PENA Prodi PAI yang melibatkan Himpunan Mahasiswa (Hima) PAI, memberikan dampak positif bagi para mahasiswa PAI khususnya, salah satunya Wiwiyanti sebagai mahasiswi semester lima yang begitu antusias mengikuti workshop tersebut.

“dengan kegiatan workshop ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita para calon pendidik dan ini lagi-lagi membuka pola pemikiran kita bahwa betapa pentingnya seorang calon pendidik untuk benar-benar tau secara teori maupun pengaplikasian dari empat pilar pendidikan tersebut," ujarnya.

Reporter : Ayl/Sbr
Editor: Yli

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE