Home » » UNTUK ANAK-ANAK IDEOLOGISKU

UNTUK ANAK-ANAK IDEOLOGISKU

Posted by LPM REDLINE on Mar 29, 2020

Budiman Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam
29 Maret 2020.

Oleh: Budiman

Di tengah situasi yang tidak mudah, sadar atau tidak, senang atau tidak, suka atau tidak, kita digiring untuk lebih mendalam merenungi kehidupan, khususnya kehidupan kampus dengan core business utamanya: pendidikan, tetiba teringat 2 qawl (adagium, pepatah) ahli hikmah:

الجد بالجد والحرمان بالكسل فانصب تصب عن قريب غاية الأمل
(Al-Jaddu bil jiddi wal hirmaanu bil kasali, fanshab tusib 'an qoriibin ghaayatal amali).

Artinya: "Keberhasilan (kesuksesan) akan diperoleh dengan adanya kesungguhan. Kegagalan terjadi sebagai akibat dari kemalasan. Bangkitlah segera,  bersungguh-sungguhlah, Anda akan mendapatkan segera apa yang anda cita-citakan.

ترجو النجاة ولم تسلك مسالكها إن السفينة لا تجري على اليبس
(Tarjunnajaata wa lam atasluk masaalikahaa, innas safiinata laa tajrii 'alal yabasi).

Artinya: "Engkau mendambakan (menghasrati) keberhasilan (kesusksesan), tetapi tidak mau menempuh jalan-jalan menuju keberhasilan itu. Sesungguhnya kapal laut tidak akan berlayar di tempat yang kering (di daratan)".

Begitu kira-kira terjemahan merdekanya, sebagaimana kampus merdeka yg diperkenalkan Mas Menteri, Nadiem Makarim.

Inti adagium itu kira-kira begini: Dalam rangka mencapai "najaah" dan "najaat" (keberhasilan yang
didahului sekian banyak rintangan dan pengorbanan) mesti berbekal banyak cara, metode dan trik/kunci yang disebut "masaalik", bentuk plural dari kata "maslak", yg dapat dimaknai "jalan terjal, berliku dan penuh onak duri.

Itu sebabnya, seorang pencari ilmu disebut "saalik": penelusur jalan terjal, berliku dan penuh onak duri. Ini sungguh sangat riskan.

Karena itu, ia mesti memiliki metode dan metodologi. Bahkan Nabi Mulia membesarkan nyali para pencari ilmu itu dgn sebuah "great motivation" agar ia tetap tegar menjalaninya. Antara lain hadis berikut:

عن أبى هريرة: ...ومن سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Narasi "Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga" memiliki 4 makna sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Rajab Al-Hambali:

Pertama: Dengan menempuh jalan mencari ilmu, Allah akan memudahkannya masuk surga.

Kedua: Menuntut ilmu adalah sebab seseorang mendapatkan hidayah. Hidayah inilah yang mengantarkan seseorang pada surga.

Ketiga: Menuntut suatu ilmu akan mengantarkan pada ilmu lainnya yang dengan ilmu tersebut akan mengantarkan pada surga.

Keempat: Dengan ilmu, Allah akan memudahkan jalan yang nyata menuju surga yaitu saat melewati shirath (sesuatu yang terbentang di atas neraka menuju surga).

Pada akhirnya, pengorbanan, penderitaan dan perjuangan berdarah-darah dlm proses "searching ilmu" itu sesungguhnya bin sejatinya merupakan "toll by pass" menuju surga (kenikmatan tiada tara).

'Alaa kulli haal, tiba-tiba teringat wasiat Ayahanda: "Nak...!!! Manrasa-rasa mEEmeppi' mantuntu' paddisseengeng" dan "Yagguru mEEmappa anrasa-rasangngE, Nak".

Tabe' taddampeengekka' maraaja.... Dua pesan Ayahanda ini tidak mampu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia krn ada kesulitan tersendiri mencari padanan katanya.

Sukses buat anak-anak ideologisku dlm menggenggam cita-cita besar kalian. Semoga kita bersua di surga-Nya in sya Allah krn keberkahan ilmu dan atas keridhaan Allah Yang Maha Pengasih tak pilih kasih.

Salaamakki' to pada salaama'

Parepare#stayathome, 29 Maret 2020

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE