Home » » Prodi SPI Dipindahkan, Mengapa?

Prodi SPI Dipindahkan, Mengapa?

Posted by LPM REDLINE on 29 Nov 2018

Logo Hima Prodi Sejarah Peradaban Islam.

Kampus, Red Line News--Sejak proses administrasi pendaftaran mahasiswa baru dan peralihan ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) tahun 2018 prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) dipindahkan ke bawah naungan jurusan Dakwah dan Komunikasi (Dakom), (28/11).

Pemindahan prodi SPI dari jurusan Tarbiyah ke jurusan Dakwah dan Komunikasi dikarenakan pada dasarnya prodi tersebut bukan ilmu tarbiyah dan tidak berada pada lingkup tarbiyah sehingga dipindahkan sesuai keilmuannya.

Muhammad Saleh, selaku ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi mengungkapkan bahwa hal tersebut bermula dari rancangan peralihan status IAIN Parepare. “Proses pemindahan prodi SPI ke dakom awalnya dalam rancangan peralihan status terdapat 5 fakultas yang diajukan, akan tetapi yang diterima hanya 4 fakultas yaitu Tarbiyah, Syariah, Ekonomi dan Bisnis kemudian Dakwah dan Komunikasi, karena yang satu sudah terintegrasi dan diakomodir maka fakultas Humaniora digabungkan ke Dakom”, ungkapnya.

Pemindahan SPI dari jurusan Tarbiyah dan Adab ke jurusan Dakom merupakan suatu pertimbangan yang strategis kedepannya, A.Nurkidam salah satu dosen SPI mengatakan. “Karena SPI bukan diarahkan ke dunia pendidikan tetapi prodi tersebut mengarah ke pengembangan keilmuan sosial dan sejarah Islam itulah sehingga tidak mungkin pimpinan menempatkan SPI di Tarbiyah dan Adab untuk itu dipindahkan ke Dakom, hal ini sesuai dengan kesepakatan Institut. Sehingga nama Dakom sendiri nantinya berubah menjadi Dakwah Komunikasi dan Adab’’, jelasnya.


Reporter : MWP dan HRA
Redaktur : Jms

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE