Home » » Tingkatkan Semangat Belajar, IPMAL Gelar Sekolah Motivasi di Pelosok Desa Kaseralau

Tingkatkan Semangat Belajar, IPMAL Gelar Sekolah Motivasi di Pelosok Desa Kaseralau

Posted by LPM REDLINE on 17 Mar 2020

Sekolah Motivasi yang dilaksanakan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Letta (IPMAL) 16 Maret 2020


Pinrang, Red Line News-- Ikatan Pelajar Mahasiswa Letta (IPMAL) melaksanakan Sekolah Motivasi dengan tema "Meningkatkan Semangat Belajar dan Cinta terhadap Lingkungan Sekolah". Kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 13 hingga 15 Maret 2020, (16/03).

Pamma selaku Ketua Panitia mengungkapkan tema yang diangkat bertujuan untuk meningkatkan semangat para murid. "Makna dari tema yang diangkat adalah meningkatkan semangat belajar dan cinta lingkungan sekolah, inti poinnya adalah IPMAL Parepare berupaya melakukan terobosan, mencoba membuat kegiatan yang direncanakan dapat memberi suntikan motivasi kepada adik-adik di sana, mengingat bahwa secara kondisi dan fasilitas tentu sangat berbeda jauh dari kota, pada intinya agar mereka tidak sama sekali menjadikan kekurangan yang ada sebagai alasan untuk berhenti mengenyam pendidikan," ungkapnya.

"Adapun alasan kami memilih SDN 274 sebagai lokasi kegiatan tahun ini adalah pertama yaitu IPMAL memiliki domain kerja yang jelas yakni di tiga Desa yaitu Kaseralau, Kariango dan Letta yang masing-masing berada di Kecamatan Batulappa dan Lembang. Kedua, sebab Paleleng dinilai merupakan satu lokasi yang cocok untuk merealisasikan konsep yang telah disusun." ungkap Pamma saat ditanya mengenai alasan memilih SDN 274 sebagai lokasi sekolah motivasi.

Mengenai jenis kegiatan yang dilaksanakan selama Sekolah Motivasi tersebut, Pamma menjelaskan pihak IPMAL tetap memberikan proses belajar mengajar di dalam kelas, namun yang berbeda pelajaran yang disampaikan adalah yang belum pernah diterima oleh murid. "Kami mencoba menjadikan ruang kelas sebagai proses dialog aktif dengan berbagai trik tentunya,"  ungkap Pamma.

Pamma menambahkan ada beberapa kegiatan yang juga bersifat sosial dan melatih kreatifitas. "Ada Bakti sosial Peduli lingkungan sekolah, diantaranya membuat taman bunga, mengecat ruang kelas serta membuat tempat sampah di tiap kelas sebagai wujud kecintaan akan lingkungan sekolah yang ingin ditanamkan sejak dini, di masjid juga ada kegiatan keagamaan semacam tahfidz dan sebagainya. Sedangkan di sela-sela waktu, kami mengajak para murid disana main games yang didalam games itu terdapat pembelajaran karena yang kita ketahui anak-anak seusia mereka lebih senang bermain dari pada belajar." tambahnya.

"Adapun harapan saya, kita semua tentu tidak menginginkan ada anak bangsa yang berada di desa-desa terpencil atau jauh dari hiruk pikuk perkotaan tidak mampu bahkan tak pernah merasakan pendidikan karena keadaan dan juga tidak adanya langkah penyadaran oleh kami sebagai putra dan putri daerah tersebut. Kami juga berharap pemerintah baik dalam tingkat daerah ataupun pusat untuk memberikan perhatian khusus kepada mereka yang jauh berada di pedalaman, mengingat bahwa konstitusi kita pada pasal 31 UUD 1945 telah mengamanatkan status yang sama pada setiap warga negara dalam hal mendapatkan layanan pendidikan yang prima dari pemerintah yang ada," Harap Pamma.

Dihubungi Via WhatsApp, Sapyan selaku Ketua Umum IPMAL mengungkapkan alasan dalam melaksanakan kegiatan sekolah motivasi ini. "Alasan kami melakukan kegiatan ini karena yang pertama kami sebagai pemuda desa memiliki tanggung jawab untuk mengabdi terutama di kampung, kedua kami melihat bahwa pendidikan di daerah kami masih terbelakang ketimbang yang ada di kota, sehingga butuh perhatian banyak dari kami sebagai mahasiswa dan pemuda desa. Adapun yang terakhir adanya anak sekolah yang putus sekolah, tentu hal tersebut sangat buruk bagi generasi muda sebagai pelanjut bangasa, sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan sekolah motivasi ini," ungkapnya.

"Harapan saya untuk adik-adik semoga mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan, cinta terhadap ilmu pengetahuan dan tidak merencanakan untuk putus sekolah, dan bagi pemerintah tolong pendidikan yang ada di pelosok-pelosok desa di perhatikan dan pemerataan pendidikan dengan kualitas yang sama dijalankan, jangan ada yang diasingkan atau dikesampingkan. Juga Sekolah Dasar 274 Batulappa hari ini banyak membutuhkan bantuan dari  pemerintah diantaranya kelas yang ada disekolah belum cukup untuk peserta didik disana, jadi tolong di perhatikan dan juga gurunya belum cukup tolong di perbanyak gurunya." Harapnya.

Reporter : MSN
Redaktur : MLD

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE