Home » » Gelar Sarasehan Konselor, BKI Hadirkan Pemateri dari Mancanegara

Gelar Sarasehan Konselor, BKI Hadirkan Pemateri dari Mancanegara

Posted by LPM REDLINE on 6 Mar 2022

Prodi BKI IAIN Parepare menggelar Sarasehan 
06 Maret 2022

Kampus, Red Line News-- Sarasehan Konselor yang dilaksanakan oleh Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) dengan mengusung tema "Penguatan Keilmuan Konseling Islam sebagai Solusi Ketahanan Keluarga Muslim" yang berlangsung di Perpustakaan Lantai lima Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, (06/03).

Kegiatan ini dibuka secara umum melalui Via Zoom dan menghadirkan beberapa narasumber yakni Konselor dari Singapura, Bibi Jan Muhamed Ayyub dan Sekjen PABKI UIN Sunan Ampel Surabaya dan Wakil Dekan III, Agus Santoso.

Konselor dari Singapura Bibi Jan Muhamed Ayub menjelaskan, keterkaitan dengan tema yang diangkat banyak dialami di beberapa kalangan anak-anak maupun remaja di negara nya.

"Masalah yang dibahas sesuai tema, bagaimana kita merespon secara rasional terkait masalah ini bahwa ramai yang mengalami kesehatan mental dikalangan anak-anak dan remaja di Malaysia yang hampir mencapai setengah juta," jelas Konselor asal Singapura.

Ia juga menambahkan, adanya Covid-19 mendatangkan masalah hampir di berbagai negara dengan terganggunya kesehatan mental dan trauma yang dialami selama dua tahun pandemi.

"Selama dua tahun munculnya Covid-19, mendadak menghilangkan kebiasaan rutin dan norma-norma kehidupan kita baik kesehatan fisik dan mental dalam keluarga," tambahnya.

Selaku Pembicara kedua, Wakil Dekan III UIN Sunan Ampel,  Agus Santoso mengatakan, dalam konseling spritual perlu terapkan tiga aspek.

"Kita sebagai Konselor Islam, harus selalu melibatkan Allah SWT dalam melakukan kegiatan konseling spritual, dengan indentifikasi, ketahanan keluarga dapat dilihat dari tiga aspek yakni aqidah, syariah dan adab," ucap Agus Santoso.

Salah satu peserta serasehan Risma Jumria mengatakan, kegiatan yang dilaksanakam oleh BKI merupakan program yang luar biasa untuk proses sharing ilmu terkait konseling islam.

"Sangat bangga sebagai mahasiswa BKI karena bisa mengikuti kegiatan yang menyajikan materi yang sangat luar biasa oleh narasumber, dan mendapatkan ilmu terkait bagaimana mengajarkan pembelajaran konseling islam kepada masyarakat," tuturnya.



Reporter : NFZ

Redaktur : AS

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE