Home » » Agustus 2022, IAIN Parepare Siap Gelar PBAK Offline

Agustus 2022, IAIN Parepare Siap Gelar PBAK Offline

Posted by LPM REDLINE on 29 Jul 2022

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) 29 Juli 2022


Kampus, Redline News -- Pengenalan Budaya Akdemik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare 2022 yang akan digelar secara offline mulai 22 hingga 25 Agustus 2022 mendatang (29/07). 

Kegiatan PBAK tahun ini akan mengusung konsep berbeda dari tahun sebelumnya, pemilihan materi dan pembagian waktu di atur sebaik mungkin. Hari pertama PBAK, dilakukan pembukaan dengan materi seluruh pejabat Institusi mulai dari Rektor dan Wakil Rektor. Hari kedua dilanjutkan dengan materi-materi pendalaman, hari ketiga diserahkan kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F), dan dihari keempat akan diberikan kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) dan Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) untuk mendesain kegiatan, dengan materi pengenalan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) dan Go Talent PBAK.

Ketua panitia PBAK, M. Ali Rusdi mengatakan jumlah mahasiswa baru untuk saat ini kiranya 1.500 -1.700 orang, "untuk sementara sesuai dengan petunjuk dari kepala unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) menyampaikan mahasiswa baru untuk saat ini kisaran 1.500-1.700 orang, tetapi kami juga membuka peserta diluar mahasiswa baru yang belum lulus PBAK tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

Lebih lanjut, Ali Rusdi menjelaskan tujuan yang hendak dicapai melalui tema -tema yang diangkat dalam pelaksanaan PBAK tahun ini. "Pertama, kami berupaya tema-tema tahun ini itu lebih mengarah kepada subtansi dari PBAK, dimana kami perkuat itu antara budaya akademik dan kemahasiswaannya. Yang kedua, bagaiamana mendorong mahasiswa baru nantinya aktif di organisasi dengan berbicara terkait dengan kemahasiswaan," ungkapnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Muhammad Kamal Zubair menegaskan materi-materi yang diangkat nantinya bisa menjelaskan kepada mahasiswa baru tentang fungsinya sebagai seorang Mahasiswa, "materi-materi yang sifatnya tidak membuka wawasan mahasiswa baru itu dihilangkan. Jadi bagaimana membuat materi yang kira-kira bisa membuka pikirannya bahwa seorang mahasiswa harus tahu bagaimana fungsinya sebagai mahasiswa. Kalau IAIN punya tagline Malebbi Warekadana Makkiade Ampena maka seorang mahasiswa IAIN bagaimana menerapkan tagline itu sebagai perilaku sehari-hari ketika menjadi mahasiswa," ungkapnya.

Kamal Zubair berharap agar kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. "Harapan saya semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang sudah direncakan, konsep-konsep pelaksanaan sementara di matangkan oleh panitia beserta beberapa tim bagaimana mengemas kegiatan ini agar menarik, tidak membosankan, dan ada sesuatu yang bisa didapatkan oleh seorang mahasiswa baru ketika mengikuti PBAK," harapnya.

Reporter: NAF

Redaktur: NRN

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE