Home » » GENCAR Ma'had Al-Jami'ah Dikhususkan untuk Mahasiswa Baru Angkatan 2022

GENCAR Ma'had Al-Jami'ah Dikhususkan untuk Mahasiswa Baru Angkatan 2022

Posted by LPM REDLINE on 6 Nov 2022

 


Kampus, Red Line News -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare adakan Kegiatan Gerakan Baca Al-Qur'an (GENCAR) yang dikhususkan untuk mahasiswa baru angkatan 2022, bekerja sama dengan pihak Ma'had Al-Jamiah untuk persiapan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mendatang, (06/11).

Gerakan baca Al-qur'an ini dikhususkan untuk mahasiswa baru angkatan 2022. Tutor yang mengajar sekitar 100 orang dan dibagi per-Fakultas. 100 orang tutor yg terpilih termasuk tendik, mahasiswa dan dosen Ma' had.

Reski Aripai selaku mahasiswi prodi Jurnalistik Islam (JI) salah satu peserta GENCAR menuturkan alasannya mendaftar. "Alasan saya memasuki GENCAR karena pengucapan huruf hijaiyah dan harokat saat mengaji masih belum benar dan kadang pada saat mengaji saya masih terbata-bata. Disini saya ingin mempelajari panjang pendek huruf tersebut dengan benar yang dibimbing langsung oleh tutor," tuturnya.

Fajriani selaku tutor dari kalangan mahasiswi mengatakan ini adalah kesempatan baik untuk berbagi ilmu. "Seluruh Mudabbiar/Mudabbirah di Ma'had itu memang diwajibkan untuk mengajar atau menjadi tutor gencar. Dari awal saya juga memang sudah berniat untuk daftar karena menurut saya ini adalah kesempatan yang paling baik untuk mengajarkan apa yang selama ini saya pelajari baik dari pondok pesantren maupun dari Ma'had Al-Jami'ah itu sendiri. Selain mengajar di Ma'had saya juga bisa membagi ilmu dengan adik-adik mahasiswa baru yang tidak tinggal di asrama. Yang diajarkan di GENCAR ini adalah bagaimana mengenal huruf hijaiyah, bagaimana cara penyebutannya atau makhraj hurufnya melalui metode Iqro," jelasnya.

"Yang ingin dicapai adalah bagaimana nantinya adik-adik mahasiswa baru di IAIN Parepare ini bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar dan jika pada saat tes sertifikasi baca Al-Qur'an di Ma'had Al-Jami'ah insya Allah semuanya bisa lulus dengan nilai yang lebih baik," sambung Fitriani.

Senada dengan hal itu, Ustadzah St.Fauziah, Kepala Bidang Ta'limul Afkar berharap angkatan 2022 juga berharap mampu dalam pembacaan Al-Qur'an. "Bagi mahasiswa yg kurang dalam bacaan dan ingin belajar silakan mendaftar karena ini terbuka untuk seluruh mahasiswa IAIN Parepare 2022. Harapan nya untuk semua nya FUAD, FAKSHI, TARBIYAH dan FEBI selain mampu dalam bidangnya masing-masing, harus juga bibarengi dengan bisa membaca Al-Quran agar nantinya tidak bernasib sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang tidak tahu membaca Al-Qur'an," harapnya.


Reporter: AA/KN

Redaktur: NRN

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE