Home » » Akan Kembali Gelar KMD, Racana Makkiade'-Malebbi' Targetkan Peserta Secara Umum

Akan Kembali Gelar KMD, Racana Makkiade'-Malebbi' Targetkan Peserta Secara Umum

Posted by LPM REDLINE on Feb 24, 2023

Pamflet Coming Soon KMD Tahun 2023

Kampus, Red Line News-- Racana Makkiade'-Malebbi akan menggelar kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) tingkat Penggalang yang diikuti oleh anggota Pramuka calon pandega, mahasiswa hingga guru, bertempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dengan waktu kegiatan selama satu minggu, (24/02).

Ketua Dewan Racana Malebbi, Riska menjelaskan Kursus Mahir Dasar tingkat Penggalang merupakan salah satu bentuk pelatihan langsung yang dilakukan oleh kwartir cabang. Bentuk pelatihan dibagi sesuai golongan seperti siaga ataupun penggalang yang mana kegiatan ini terbuka secara umum.

Ia mengatakan kegiatan ini bukan hanya untuk mahasiswa atau siswa sekolah saja namun guru juga dapat mengikuti kegiatannya. "Untuk pesertanya itu mulai dari anggota pramuka calon pandega, guru-guru hingga mahasiswa yang nantinya akan menjadi seorang guru (mahasiswa jurusan pendidikan)," ungkap Riska.

Lanjut, Riska juga berharap dengan terlaksananya kegiatan ini maka peserta dapat memperoleh tambahan ilmu dibidang kepramukaan. "Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan peserta yang terlibat dalam kegiatan ini dapat memperoleh tambahan ilmu pengetahuan utamanya dalam bidang kepramukaan serta mencetak pembina mahir yang bermutu," harap Riska.

Fathurrahman selaku Ketua Dewan Racana Makkiade' juga mengungkap bahwa kegiatan ini pernah terlaksana beberapa tahun yang lalu kembali diadakan tahun ini. "Kegiatan ini terakhir dilaksanakan ditahun 2019 dan Alhamdulillah kita akan adakan kembali di tahun ini," ungkapnya.

"Langkah awal yang kami lakukan menjalin komunikasi dengan kwartir cabang gerakan Pramuka kota Parepare dan pusat pendidikan dan pelatihan cabang kota Parepare mengenai pelatih-pelatih yang akan diturunkan di kegiatan KMD nantinya. Kami juga mencoba menjalin komunikasi dengan beberapa lembaga Racana dari kampus luar dan membahas tentang kepesertaan dari kegiatan KMD," lanjut Ketua Dewan Racana yang kerap disapa Fatur tersebut.

Ketua Panitia KMD Muh. Ismail juga berharap peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh nantinya dilembaga maupun dikehidupan sehari-hari. "Harapan kami melalui KMD seluruh peserta dapat lulus dengan mendapat ilmu serta dapat mengaplikasikannya di lembaga maupun untuk kehidupan sehari-hari baik itu dilingkungan Gudepnya maupun bermasyarakat," tutupnya.


Reporter: ASM

Redaktur: NRN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE