Home » » Orientasi Moderasi Beragama Gelombang 3 Digelar Dari 24 Hingga 26 November.

Orientasi Moderasi Beragama Gelombang 3 Digelar Dari 24 Hingga 26 November.

Posted by LPM REDLINE on Nov 26, 2023

 



Kegiatan orientasi moderasi beragama 

Kampus, Red line News-- Orientasi Moderasi Beragama (OMB) gelombang ke-3 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare resmi di buka kembali, Sabtu (26/11).

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 24 hingga 26 November 2023 mendatang, bertempat di Masjid Al-Wasilah IAIN Parepare.

Fauziah selaku sekretaris panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini wajib di ikuti terkhusus mahasiswa baru. "Berdasarkan surat edaran Rektor persiapan ini ditargetkan kepada mahasiswa baru dengan mengambil seluruh data, kurang lebih 1.300 Mahasiswa dan dibagi menjadi 3 gelombang sesuai Prodi dan fakultas," pungkasnya.

Fauziah juga menambahkan harapannya agar kegiatan tersebut mampu memberikan kesadaran pentingnya toleransi. "Kegiatan ini bertujuan agar mampu membuat Mahasiswa sadar bahwa bagaimana mereka bisa bersifat pertengahan, tidak terlalu condong ke kiri ataupun ke kanan. Artinya, tidak mudah menyalahkan orang ketika berbeda pendapat antara dirinya dengan orang lain," tambahnya.

Salah seorang Pembina Asrama, Qadaruddin menjelaskan kenapa kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru. "Diharapkan untuk mahasiswa baru bisa memahami apa itu moderasi beragama karna banyaknya paham-paham yang beredar sekarang yang mungkin mahasiswa akan menyalahkan paham-paham tersebut," katanya.

Qadaruddin juga mengungkap bahwa kegiatan ini merupakan program baru yang ada di kampus. "Awalnya kegiatan ini hanya berfokus di Ma'had, tetapi Rektor mengarahkan untuk melibatkan seluruh Mahasiswa, namun karena banyaknya jumlah Mahasiswa jadi ditujukan untuk mahasiswa baru terlebih dahulu," tutup Qadaruddin dalam penjelasannya.

Jumanisa, salah satu mahasiswa prodi Perbankan Syari'ah yang ikut serta dalam kegiatan mengatakan ini merupakan hal yang baru baginya. "Kegiatan moderasi beragama ini merupakan yang pertama kali bagi saya. Tentu banyak sekali ilmu yang bisa saya dapatkan dari kegiatan ini," ucapnya.

Terakhir Jumanisa juga berharap agar ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat. "Saya harap kegiatan ini bisa menambah pengalaman terutama ilmu yang bermanfaat guna kepentingan masa yang akan datang," ujar Jumanisa.


Reporter: NVL/ARF

Redaktur: RNI

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE