Home » » Opini : Kira-kira Ada Apa yah di Pilpres 2024 Ini?

Opini : Kira-kira Ada Apa yah di Pilpres 2024 Ini?

Posted by LPM REDLINE on Dec 27, 2023

 

Penulis Opini

(Muhammad Ali, Mahasiswa IAIN Parepare)

OPINI-- Kita para generasi muda pastinya berharap para calon presiden dan wakil presiden 2024 ini dapat menyampaikan visi, misi, dan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami para generasi muda juga ingin para kandidat memahami pendapat, ide, dan harapannya.

Seperti yang sudah kita lihat sebelumnya Debat pertama capres-cawapres 2024 telah menghebohkan ranah internet banyak masayarakat indonesia yang Berbondong-bondong mengekspresikan pendapatnya secara real-time selama debat yang berlangsung kurang lebih 4 jam itu pada Selasa (12/12) kemarin. Dan melihat hasil sementara dari debat pertama ini Pasangan Capres no 1 yang paling banyak menjadi topik perbincangan di media sosial. Pada debat pertama ini capres no 1 Pak Anis. Pak Anies berkali-kali menyuarakan pentingnya menjaga kelompok oposisi dalam suatu pemerintahan, agar negara hukum tak berubah menjadi negara kekuasaan. 

Terakhir, Capres no 1 Pak Anies juga sempat menyinggung soal budaya ordal (orang dalam) di negara kita ini Indonesia. Anis mengatakan bahwa fenomena ordal merupakan salah satu bentuk gangguan terhadap proses demokrasi Dan netizen pun heboh membahas soal fenomena ordal di ........

Pasangan Capes no urut 1 ini Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengusung visi "Indonesia Adil Makmur untuk Semua."

Adapun yang menjadi Alasan pemilihan visi tersebut karena pasangan capres ini melihat adanya ketimpangan yang terjadi di Indonesia. Pasangan tersebut menilai kemakmuran seharusnya dapat dirasakan oleh semua warga negara. Kemakmuran tidak boleh berpihak hanya pada orang-orang tertentu.

Selain itu, pasangan ini juga menyebutkan bahwa kemakmuran yang merata menjadi salah satu cara Indonesia agar dapat disegani bangsa-bangsa lain. Kemakmuran juga harus sejalan dengan pelestarian alam dan lingkungan. Tak hanya itu, pasangan dengan sebutan AMIN ini juga menyinggung kesetaraan terhadap akses layanan publik dan kebebasan semua orang untuk berpendapat di muka umum.

 "Di Negara kita Indonesia di mana setiap anak bangsa wajib mendapat hak dan perlakuan yang sama di depan hukum tanpa terkecuali. Tanpa memandang bulu. Tanpa adannya keberpihakan. Di Negara kita Indonesia di mana hak-hak asasi setiap warganya dilindungi oleh negara sebagai tanggung jawab konstitusional," tulis dokumen visi misi AMIN, dikutip dari Kompas.com, Minggu (22/10/2023).

Capres No urut 2, yang sering di sapa oleh masyarakat capres gemoy siapa lagi kalo bukan Prabowo bersanding dengan anak presiden yang masih menjabat sekarang yaitu Gibran (Prabowo-Gibran).

Dari pasangan no urut 2 ini banyak juga yang berpendapat bahwa mereka adalah salah satu pasangan terkuat dari 3 pasangan capres pada pemilihan kali ini. Apakah benar hal itu, mari kita lihat hasil survei sementara dari hasil debatnya.

Melihat hasil sementara dari Jakarta, CNBC Indonesia - Pemilihan presiden (pilpres) RI nyatanya telah menarik minat para pelaku survei luar negeri. Salah satunya adalah Roy Morgan asal Australia, yang merilis hasil surveinya terkait pilpres RI 2024 mendatang berdasarkan pendataan pada bulan Juli-September 2023 dengan melibatkan 2.630 pemilih.

Dalam hasil survei itu menunjukan bahwa, Capres No.Urut 3 Ganjar Pranowo disebut merupakan calon terunggul dengan perolehan 38%. Capres No.Urut 2 Prabowo Subianto menyusul di belakang dengan 30%, sementara Capres No.Urut 1 Anies Baswedan ada di urutan ketiga dengan 25%.

Survei jajak pendapat ini dilakukan sebelum tiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan calon wakil presidennya (Capres) dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum untuk mengonfirmasi pencalonannya pada akhir Oktober 2023. Pemilihan cawapres diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap hasil pemilu.

Kaum muda ini dia Capres no urut 3 Pak Ganjar Pak Mahfud seperti yang sudah kita dengar bersama yang pernah di ucapkan pak Ganjar setelah mendapatkan nomor urut dalam pemilihan presidak kali ini yaitu nomor urut 3.

"Alhamdulillah kita mendapatkan nomor tiga. Kebetulan sama dengan nomornya PDIP Perjuangan," kata Ganjar ditemui di depan Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023) malam. "Partai-partai lain pengusung juga oke, salamnya metal," kata Ganjar. 

Sementara itu, dalam pidatonya setelah mendapatkan nomor urut capres Ganjar menuturkan nomor urut tiga yang ia dapatkan sesuai dengan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia. 

Pak Ganjar juga mengatakan "Kita mendapatkan nomor urut tiga, sangat pas sesuai dengan sila ketiga, yaitu persatuan Indonesia. Kita satukan semuanya dengan proses politik yang menggembirakan,"   

Strategi kampanya para capres 2024

Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro juga menyebutkan ada makna strategis di balik pilihan wilayah di hari pertama kampanye para capres "Masing-masing capres memulai perjalanan kampanye hari pertamanya secara resmi ke titik yang strategis, baik secara politis maupun teknis," kata Baskoro dalam program Obrolan Newsroom Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Dalam konteks kampanye yang dilakukan oleh Anies di DKI Jakarta dan Muhaimin di Mojokerto, Baskoro menuturkan, keduanya ingin membuktikan bahwa Jawa adalah kunci untuk memenangkan Pilpres 2024.

 Sedangkan dalam konteks Capres nomor urut 2 Prabowo dan Gibran yang memilih masuk kantor, Baskoro mengatakan, pasangan ini ingin mengoptimalkan tim suksesnya agar peran strategis mereka bisa dikolaborasikan bersama. "(Sehingga) tidak tergantung pada figure, maka saya kira ini pesan bahwa team work yang mereka miliki sangat kuat dan solid," ungkapnya.

Sementara terkait kampanye Capres nomor urut 3 Ganjar di Merauke dan Mahfud di Sabang, Baskoro menyebut keduanya ingin menyampaikan kepada publik tentang ke-Indonesia-an. "Jadi mereka adalah pemimpin untuk Republik Indonesia, bukan pemimpin satu, dua provinsi saja," ujar Baskoro.

Tulisan opini yang dipublikasikan di media online ini menjadi tanggung jawab penulis secara pribadi. LPM Red Line tidak bertanggung jawab atas persoalan hukum yang muncul atas tulisan yang dipublikasikan.

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE