Home » » Coffe Vespa Menuai Respon Terkait Perizinan Jualan Dekat FAKSHI

Coffe Vespa Menuai Respon Terkait Perizinan Jualan Dekat FAKSHI

Posted by LPM REDLINE on May 2, 2024

Kasubag Umum, Alief Anshari Saat Diwawancarai

Kampus, Red Line News-- Dua minggu terakhir ini, Coffe Vespa telah memulai penjualan di area bekas kantin yang berdekatan dengan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, setelah sebelumnya beroperasi di depan Gedung S Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare sejak tahun lalu, Kamis (02/05). 

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum, Alief Anshari mengungkapkan sudah memberikan izin kepada Coffe Vespa untuk berjualan di pelataran gedung S untuk sementara. "Awalnya ada Mahasiswa datang ke saya minta bantuan mau jualan kopi karena pembayaran kuliahnya tidak ada. Tapi saya bilang, bisa saya bantu tapi jualannya pakai apa, dia bilang naik motor. Pastinya tidak menetap, sudah selesai bersihkan. Jadi izin tapi sifatnya sementara, itu waktu 2023. Dulunya jualan di pelataran Gedung S, sekarang pindah, tapi saya mau cari tahu siapa yang berikan izin," katanya. 

Alief Anshari juga menyampaikan akan mengklarifikasi siapa yang memberikan izin untuk Coffe Vespa stan di bekas kantin dekat FAKSHI. "Sudah saya tanya ke Security suruh menghadap kembali untuk klarifikasi siapa yang memberikan stan di situ. Kalau masih ada yang menyalahkan kesalahan begitu, terpaksa saya tidak berikan izin lagi, karena sudah ada regulasi barunya. Saya hanya kasi kebijakan sementara, karena sudah habis waktunya (2023). Saya tidak pernah memberikan izin di situ untuk berjualan sekarang, jika nanti dapat izin tetap membayar pajak," sambungnya. 

Owner Coffe Vespa, Zulkifli Andira menuturkan telah turun ke birokrasi untuk izin, namun belum pernah bertemu dengan orang di birokrasi. "Saya sudah pernah dapat izin menjual waktu di depan gedung S, karena memang kebetulan saya juga mahasiswa FEBI IAIN Parepare, otomatis ini adalah sebuah langkah pertama yang bisa membuat mahasiswa yang ingin berbisnis bisa jalan. Persoalan bekas kantin samping FAKSHI, saya sudah turun ke birokrasi untuk izin tapi kebetulan belum pernah ketemu dengan orang di birokrasi," ujarnya. 

Lebih lanjut, Zulkifli Andira juga mengatakan bahwa Vespa Coffe tidak membayar pajak, tetapi ia mengerti dalam pembayaran pajak. "Persoalan membayar pajak kampus, Coffe Vespa tidak membayar, tapi kita sebagai pengusaha pastinya juga mengerti dalam pembayaran pajak itu di dalamnya terbagi jadi apa," tambahnya. 


Reporter: KRR, SNR, SRL

Redaktur: MDN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE