Home » » Kebersihan Masjid Al-Wasilah Dipertanyakan: Kesadaran Mahasiswa Rendah?

Kebersihan Masjid Al-Wasilah Dipertanyakan: Kesadaran Mahasiswa Rendah?

Posted by LPM REDLINE on May 4, 2024

Kondisi Ruang Ganti Mukenah Yang Tidak Tertata Rapi Dan Tidak Diletakkan Di Lemari Mukenah 

Kampus, Red Line News-- Kebersihan Masjid Al-Wasilah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dinilai sangat kurang. Sampah berserakan, mukena acak-acakan dan karpet berbau membuat mereka tak nyaman saat beribadah. Kurangnya kesadaran mahasiswa dalam menjaga kebersihan menjadi sorotan utama, Sabtu (04/05). 

Salah seorang mahasiswa program studi bahasa Inggris sekaligus yang melaksanakan sholat di Masjid Al-Wasilah, Desi Febrianti mengungkapkan kurang nyaman akan kebersihan Masjid Al-Wasilah. "Saya merasa terganggu. Kalau bisa setelah sholat, kalau minum air atau bekas pembungkus makanannya itu di buang dan perlu menjaga kerapian serta kebersihan mukenah, karpet sholat juga yang agak berbau," ucapnya. 

Sementara itu, salah seorang mahasiswa program studi Perbankan Syariah, Muhammad Syawal juga menuturkan bukan hanya Cleaning Service yang bertugas menjaga kebersihan Masjid, namun mahasiswa juga. "Semua mahasiswa yang menggunakan fasilitas Masjid punya kewajiban menjaga kebersihannya menurut syariat, dan berharap mahasiswa mampu menjaga kebersihan begitupula petugas mampu menjalankan tugasnya dengan baik," katanya. 

Pengelola Masjid Al-Wasilah, Nurhadi menanggapi terkait kurangnya kesadaran diri mahasiswa. "Memang keluhan terhadap Masjid Al-Wasilah itu banyak dan itu terjadi karena kurangnya kesadaran dari mahasiswa itu sendiri seperti membuang sampah sembarangan, sampah aqua gelas yang terhambur di dalam Masjid kemudian sampah-sampah kertas yang di robek susah untuk dibersihkan," ungkapnya. 

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan kebersihan WC dan mukena. "Terkait mukena yang tidak karuan, peringatan tentang mukena yang ada di Masjid Al-Wasilah tidak ada hentinya diingatkan kepada mahasiswa itu sendiri, bahwa apabila mukena selesai digunakan kembalikan ke tempat dan susun dengan rapi. Terkait WC yang ada di Masjid Al-Wasilah itu selalu dibersihkan 3 kali dalam seminggu," tambahnya. 


Reporter: ANR, NVS, UMI

Redaktur: MDN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE