Home » » Menuju Kampus Inklusif, IAIN Parepare Membuka Jalur Penerimaan Mahasiswa Non-Muslim

Menuju Kampus Inklusif, IAIN Parepare Membuka Jalur Penerimaan Mahasiswa Non-Muslim

Posted by LPM REDLINE on May 11, 2024

 

Ragam Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Parepare


Kampus, Red Line News-- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare membuka jalur baru untuk calon mahasiswa Non-Muslim. Jalur ini merupakan bagian dari program afirmasi mandiri yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar bagi semua kalangan, termasuk Non-Muslim, Sabtu (11/05). 

Jalur afirmasi ini merupakan jalur khusus yang disiapkan bagi mereka yang termasuk dalam kategori tertentu, dan baru dilaksanakan tahun ini dengan ragam kategori. 

Salah seorang mahasiswa program studi Ekonomi Syariah, Adryani mengatakan bahwa ia kurang percaya apabila ada kategori non-Muslim ini. "Tidak mungkin non-Muslim masuk di IAIN, jelas-jelas ini kampus Agama Islam dan mata kuliahnya juga dominan isinya berpatok pada Al-Qur'an dan hadits," ungkapnya. 

Selain itu, Adryani juga menuturkan bahwa jika memang non-Muslim sudah masuk di IAIN Parepare, semoga dapat menjaga toleransi bersama. "Semoga kedepannya kalau memang betul sudah masuk, kita bisa menjaga toleransi bersama," tuturnya. 

Kepala Pusat Admisi, Dirga menjelaskan bahwa jalur afirmasi mandiri ini disediakan khusus bagi mereka yang masuk kategori tertentu. "Jalur khusus yang disiapkan bagi mereka yang termasuk dalam kategori tertentu misalnya penyandang disabilitas, jadi tidak usah ikut jalur umum, itu sebagai bentuk kebijakan yang inklusif mengakomodir pihak-pihak tertentu," ujarnya. 

Dirga juga menambahkan bahwa kebijakan ini langsung dari Kementerian Agama dan kurikulum yang digunakan masih tetap sama, tapi mata kuliah bisa berbeda. "Jalur ini inklusivitas kebijakan dari Kementerian Agama, tapi diperlukan secara proporsional dan cuma mata kuliah tertentu diganti dengan program lain seperti mata kuliah Aqidah, mereka cukup mengkonversi tugas-tugasnya," tambahnya. 

Salah seorang dosen IAIN Parepare, Ahdar menjelaskan bahwa kampus telah mengeluarkan visinya yaitu moderat, jadi tidak ada batasan agama lain untuk menuntut ilmu. "Setelah kampus mengeluarkan salah satu visi yakni moderat maka tentu tidak membatasi agama lain untuk bisa menuntut ilmu di kampus selama segala aturan bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru non-Muslim. 

Ahdar juga berharap dengan adanya jalur ini tentunya dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan beragam. " Semoga dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan beragam, tentu juga akan menjadikan mahasiswa ke depan bisa berkolaborasi dengan berbagai macam latar belakang," harapnya. 


Reporter: AML, UMI, SGR

Redaktur: MDN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE