Home » , , » Uang Kuliah Tunggal Naik, Ini Komentar Pak Jafar

Uang Kuliah Tunggal Naik, Ini Komentar Pak Jafar

Posted by LPM REDLINE on 8 May 2017



STAIN Parepare, Redline News-- Memasuki tahun ajaran baru Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Parepare kembali membuka 3 jalur pendaftar untuk calon Mahasiswa Baru (MABA). Mulai dari jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Mandiri. Berbicara mengenai masalah biaya uang kuliah tunggal (UKT) tahun ini mengalami kenaikan. Untuk tahun ini uang UKT tertinggi adalah Rp.1.350.000 sedangkan yang terendah adalah Rp.1.075.000.

Pihak kampus STAIN Parepare menyatakan bahwa kepeutusan mengenai kenaikan UKT bukanlah murni dari kampus tetapi melain sudah menjadi keputusan dari Kementerian Agama."kenaikan UKT Bukan keputusan sepihak dari STAIN Parepare melainkan keputusan yang berasal dari pusat kementerian agama UKT itu bukan kita yang menaikkan tapi langsung keputusan menteri agama melalui hal ini dirjen bahwa 2017 memang beda, jadi bukan sama sekali STAIN Parepare yang menaikan, inilah yang kami pedomani untuk STAIN Parepare,” ungkap jafar selaku bendehara umum.

Lain halnya untuk mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa bidikmisi, uang kuliah tunggalnya mereka tetap Rp.2.400.000 sama halnya dengan mahasiswa lama yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa bidikmisi "kalau bidikmisi semuanya sama Rp.2.4000.00, mulai dari calon mahasiswa baru 2016/2017 sampai dengan mahasiswa tahun ajaran kemarin UKT mereka tetap Rp. 2.400.000 karena ini sudah aturan dari pusat,”lanjutnya.

Sudirman selaku WAKA II juga menjelaskan  "pada tahun ajaran kemarin UKT mahasiswa tidak mengalami kenaikan, hanya saja keputusan mengenai kenaikan UKT hanya berlaku pada calon Mahasiswa baru tahun ajaran ini, memang dalam setiap angkatan terjadi perbedaan dalam biaya UKT, hal ini dikerenakan adanya keputusan dari pusat untuk rasio kenaikan akibat fluktuasi harga serta berdasarkan kemahalan lokasi, istilahnya Mandatori UUD pendidikan tinggi,"ungkapnya.


Reporter : Amr & Jus

Editor: Yli

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE