Home » » PEMIRA Berbasis Komputer

PEMIRA Berbasis Komputer

Posted by LPM REDLINE on 28 Nov 2018

 poster tata cara pemira



Kampus, Red Line News -- Pemilihan  Mahasiswa Raya (Pemira) yakni Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) akan digelar 27 Desember mendatang telah mempersiapkan beberapa hal. Seperti, pemilihan kali ini akan berbasis komputer (28/11).

Sistem berbasis komputer akan lebih mempermudah mahasiswa dalam memilih sekaligus perhitungan suara, "Dengan perhitungan suara melalui komputer itu. Jika, pemilih sudah memilih kandidatnya maka secara otomatis tersimpan jumlah suara yang terpilih  dengan memperlihatkan diagram kepada calon kandidat untuk mengetahui siapa  yang terpilih," ujar Arham, Ketua KPUM

Pihak KPUM mencoba memfasilitasi pemilih agar mahasiswa nyaman dan kegiatan KPUM berjalan dengan semestinya. Pemilihan ini akan digelar dalam satu ruangan dan dibagi setiap jurusan yang ada.

Adapun syarat dalam pemilihan ini, mahasiswa wajib membawah KTM atau kartu perpustakaan, "Pemilih harus membawa Kartu Mahasiswa (KTM) atau kartu perpustakaan karena mahasiswa berhak untuk memilih. Tetapi jika KTM atau Kartu perpustakaan tidak ada, hak suaranya dicabut," tegas Arham.

Selain, pemilihan DEMA dan HMJ pihak KPUM mengatakan pemilihan Senat Mahasiswa (SEMA) juga dilakukan, "Tidak menutup kemungkinan kita juga akan memilih SEMA, didalam persyaratan untuk mencalonkan SEMA ada kuota tersendiri untuk anggota SEMA yaitu 13 kursi. Tetapi, jika lebih dari 13 kursi yang terdaftar oleh kandidat partai, kita akan memilih secara langsung anggota SEMA tapi, bukan mahasiswa yang memilih secara umum," ungkapnya.

Reporter : Nrh
Editor : Amr

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE