Home » » Struktural Lembaga Berubah, Berikut Penjelasan Ketua SEMA IAIN Parepare

Struktural Lembaga Berubah, Berikut Penjelasan Ketua SEMA IAIN Parepare

Posted by LPM REDLINE on 12 Nov 2019


Kampus, Red Line News -- Peralihan status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare membuat struktur lembaga yang ada didalamnya secara otomatis juga ikut berubah, (11/11).

Berdasarkan Organisasi Tata Kerja (Ortaker) yang menyatakan bahwa seluruh Himpunan Mahasiswa setiap Program Studi yang awalnya bernama Himpunan Mahasiswa (Hima) akan berubah menjadi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang akan berdiri sendiri namun tidak lepas dari naungan lembaga yang lebih tinggi yaitu SEMA dan DEMA Institut serta SEMA dan DEMA Fakultas. Namun untuk HMPS itu sendiri berada dibawah naungan DEMA Fakultas.

Sementara untuk Surat Keputusan atau SK, Hima yang awalnya diberi SK bersamaan dengan melalui perantara Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) setelah menjadi HMPS, SK tersebut akan langsung diberikan oleh Rektor kepada setiap Program Studi. Lalu untuk permohonan SK harus melalui jalur SEMA Fakultas, Institut kemudian Rektor.

Sementara Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) akan berubah menjadi DEMA Fakultas, kemudian Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) saat ini juga akan berubah menjadi DEMA Institut.

Musriadi selaku Ketua SEMA menjelaskan bahwa perubahan ini berdasarkan peralihan dan STAIN menjadi IAIN sehingga seluruh struktural lembaga otomatis ikut berubah, "kampus kita ini baru dua tahun sejak peralihan, bahkan satu tahun ini dipakai untuk proses peresmian dan peralihan tersebut, inilah yang membuat semua organisasi tata kerja dan kemahasiswaan serta susunan yang ada di dalamnya secara otomatis berubah dan memang itu sudah tercantum dalam Undang-undang Nomor 4961 dan 4962 Tahun 2016," jelasnya.



Reporter : WAM
Redaktur : UKM

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE