Home » , » Menjawab Permasalahan Masyarakat Melalui Teknologi Tepat Guna

Menjawab Permasalahan Masyarakat Melalui Teknologi Tepat Guna

Posted by LPM REDLINE on 11 Dec 2019

Kegiatan Ekspose and community assistance teknologi tepat guna dilaksanakan oleg prodi PMI IAIN parepare di ruang seminar FUAD.
11 Desember 2019

Kampus,  Red Line News-- Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Ekspose And Community Assistance Teknologi Tepat Guna dengan mengusung tema "Pengembangan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna" yang dilaksanakan di Ruang Seminar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, (11/12).

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah Mahasiswa dari berbagai Program Studi di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Alviant selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam memaparkan tujuan diadakannya kegiatan ini agar Mahasiswa dapat membuat teknologi sederhana dalam berbagai bidang yang nantinya dapat memecahkan permasalahan dalam Masyarakat. "Teknik Tepat Guna sebenarnya adalah mata kuliah wajib untuk Program Studi PMI, yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa inovatif dari Mahasiswa itu sendiri, tentang bagaimana membuat teknologi yang sederhana terkait masalah yang ada di tengah Masyarakat, seperti masalah pertanian, perikanan, dan sebagainya. Sebagai contoh misalnya, kompor roket yang dapat  dijadikan alternatif lain untuk menggantikan kompor tabung oleh karena keberadaan tabung saat ini sulit di dapat apa lagi di daerah pedalaman," paparnya .

Sulfi selaku ketua panitia menjelaskan latar belakangnya diangkat tema karena melihat dari kehidupan masyarakat yang masih terkendala pada teknologi. "Adapun makna diangkatnya tema kegiatan ini karena di Masyarakat itu cukup banyak masalah pada teknologi yang kami dapatkan, baik itu dari hasil turun lapangan langsung atau dari keluarga. Akhirnya  kami terinspirasi dan dosen juga yang memberikan inovasi mengenai teknologi tepat guna dimana mengajarkan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan atau menjawab permasalahan yang ada dimasyarakat," jelasnya.

Ayu Resky salah seorang Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam mengungkapkan manfaat dari kegiatan ini dimana dapat melatih kita kreatif dalam mengelola bahan yang sudah tidak digunakan lagi. "Kegiatan Ekspose and Community Assistance Teknologi Tepat Guna ialah program yg sangat menarik, karena dapat menumbuhkan sikap kreatif serta inovatif Mahasiswa dalam menggunakan alat dan bahan yang sudah tidak digunakan lagi menjadi suatu alat pakai yang dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Kemudian saya berharap  ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini dapat menghasilkan produk-produk yang lebih variatif lagi dan mempunyai nilai fungsi yang bermanfaat kedepannya," ungkapnya.

Reporter : AS
Redaktur : IDL

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE