Home » » Kajian BKI : Urgency Self-Efficacy dalam Menentukan Kesuksesan Study Mahasiswa

Kajian BKI : Urgency Self-Efficacy dalam Menentukan Kesuksesan Study Mahasiswa

Posted by LPM REDLINE on 11 Mar 2020

Kajian Bimbingan Konseling Islam 11 Maret 2020


Kampus, Red Line News-- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam (IAIN) Parepare melaksanakan kajian yang mengusung tema "Urgency Self dalam Menentukan Kesuksesan Study Mahasiswa" bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), (11/03).

Haramain selaku pembawa materi dalam kajian tersebut mengungkapkan mahasiswa dituntut agar meyakini kemampuan yang ada dalam dirinya. "Diambil dari kata Self Efficacy adalah bagaimana cara seseorang menimbulkan sikap yakin akan kemampuan dirinya sendiri, kemudian bagaimana mahasiswa juga mampu mencari cermin, cermin yang berarti sahabat yang mampu menerimanya. Dengan Self efficacy juga dapat membuat seseorang yang pasif berubah menjadi seorang yang aktif bergaul dengan orang yang positif," ungkapnya.

Hamzah selaku ketua Guidance Counseling mengungkapkan kajian Self Efficacy kemarin sangatlah penting bagi mahasiswa kedepannya. "Kegiatan kajian seperti ini sangat perlu dan wajib buat mahasiswa, khususnya di IAIN Parepare untuk menambah wawasan dan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa demi kesuksesan dalam bidang akademik, contohnya dalam bimbingan Skripsi bagaimana mereka bisa Percaya pada diri sendiri atau Self Efficacy agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu," ungkapnya.

"Harapan saya bahwa setiap kajian yang diselenggarakan oleh GC dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan dapat diaplikasikan dalam bidang akademik bahkan sampai di lapangan kerja, khususnya Program Studi (Prodi) BKI. Kajian selanjutnya Insya Allah akan di buka secara umum bagi Mahasiswa Prodi yang ada di IAIN Parepare yang ingin terlibat didalamnya,” harap Hamzah.

Hesti salah seorang mahasiswa BKI mengungkapkan bahwa kajian tersebut sangatlah bermanfaat. "Self Efficecy itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat yakin terhadap dirinya sendiri. Saya berharap kegiatan seperti ini akan diadakan lagi agar mahasiswa yang belum paham bisa ikut dalam kegiatan ini," harapnya.

Reporter : IMD
Redaktur : MLD

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE