Home » , , » Kemenag Buka Empat Beasiswa, Warek III IAIN Parepare Usahakan Beasiswa Tahfidz Qur'an

Kemenag Buka Empat Beasiswa, Warek III IAIN Parepare Usahakan Beasiswa Tahfidz Qur'an

Posted by LPM REDLINE on 26 Jun 2022

 

Kartu KIP kuliah.
26 Juni 2022

Kampus, Red Line News-- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah membuka pendaftaran sejumlah beasiswa tahun anggaran 2022. Pendaftaran mulai dibuka sejak 6 hingga 30 Juni 2022 mendatang, (26/06).

Saat ini 4 jenis beasiswa Kemenag 2022 yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Tahfidz Qur'an, Beasiswa Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) dan Beasiswa Adiktis serta Bantuan Lembaga Kemahasiswaan.

Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Parepare, Muhammad Kamal Zubair berusaha mengadakan beasiswa tersebut di Kampus terkhusus pada beasiswa Tahfidz Qur'an dengan menjelaskan beberapa kriteria. "Beasiswa ini memiliki kriteria tersendiri diantaranya 5 Juz, 10 Juz dan seterusnya dan ternyata hanya di peruntukan untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Jadi untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) diserahkan ke lembaga masing-masing ini salah satu yang saya upayakan sekarang," ujar Warek III.

Lanjut, Kamal Zubair mengungkapkan akan menggandeng pihak eksternal dalam hal ini perbankan yang ada di kota Parepare. "Secara lisan sudah ada komitmen dan saya baru akan membuat proposal untuk beasiswa Tahfidz Qur'an untuk kerjasama ke Bank Syariah dan kemungkinan beasiswa yang lain juga dengan tujuan untuk memacu dan memotivasi mahasiswa yang ada di kampus agar mahasiswa bisa berprestasi," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Kampus Dema-I IAIN Parepare, Muhammad Fajar mengatakan penerima beasiswa perlu mempersembahkan prestasi yang dimiliki untuk mengharumkan nama kampus. "Kepada teman-teman Mahasiswa yang berprestasi di kampus memiliki beasiswa khusus, sebaiknya bisa berlomba lebih baik lagi untuk mengharumkan nama kampus entah itu jalur organisasi atau jalur lain yang bisa mengharumkan nama kampus," tutur Fajar.

Selain itu, salah satu Mahasiswa IAIN Parepare Wahyuddin mengatakan kampus sudah seharusnya memberikan fasilitas beasiswa kepada mahasiswa khususnya bagi mereka yang berprestasi. "Mudah-mudahan kampus kedepannya membuka mitra dengan perusahaan atau instansi yang dapat menyediakan beasiswa seperti bank Indonesia contohnya di IAIN Fatahul Muluk Jayapura sehingga mahasiswa bisa mengajukan beasiswa ke instansi tersebut," harapnya.


Reporter : Fzl

Redaktur : Asy

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE