Home » » Dinilai Tidak Jelas, Mahasiswa Tuntut Transparansi SSBOPT

Dinilai Tidak Jelas, Mahasiswa Tuntut Transparansi SSBOPT

Posted by LPM REDLINE on 19 Agu 2022

 

Bincang SSBOPT Yang Kesekian Kalinya.


Kampus, Red Line News--- Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN Parepare) melakukan Aksi Kamisan dengan membawa tuntutan transparansi SSBOPT (Satuan Standar Operasional Pendidikan Tinggi) bertempat di gedung Rektorat IAIN Parepare, (18/08).

Aksi Kamisan ini merupakan aksi ke-3 yang dilakukan setelah aksi ke-2 yang tidak mendapat jawaban dari pihak kampus IAIN Parepare. SSBOPT yang dianggap tidak transparan dalam penyusunan serta penerapannya. 

Ketua DEMA IAIN Parepare, Muhammad Zaldy Febry dalam tuntutannya menyampaikan tuntutan yang dibawakan searah denga Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2018 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri. "Dasar penetapan KMA (Keputusan Menteri Agama)  berdasar pada PMA nomor 7 tahun 2018 namun nampaknya item komponen dalam perhitungan UKT itu tidak pernah dihitung dari 2013 sampai tahun 2014. Tidak mungkin pihak PTKIN dalam hal ini Kementerian Agama mengeluarkan KMA tanpa adanya pengusulan item komponen biaya," ucapnya.

Lebih lanjut Zaldy menegaskan kampus belum mampu memperlihatkan SSBOPT yang ada di IAIN Parepare. "Menjadi indikasi ketika kampus mampu memperlihatkan SSBOPT itu sendiri, sesuai dengan KMA nomor 7 tahun 2018 sistem Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri menyusun SSBOPT untuk ditetapkan sebagai bahan komponen dasar pembiayaan UKT," tegasnya. 

Ia juga mengungkapkan ketidaksesuaian perhitungan SSBOPT. "UKT ditetapkan sesuai kemampuan mahasiswa dan masyarakat, pelanggaran terberat adalah tidak terhitungnya SSBOPT di IAIN Parepare, hitungan bulat terjadi dalam UKT KMA 244 namun hitungan bulat ini tidak menemukan yang pasti" ungkap Zaldy. 

Menanggapi hal tersebut Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Firman mengungkapkan dirinya kurang paham mengenai SSBOPT yang diterapkan saat ini. "SSBOPT sudah saya cari-cari juga, saya tidak tau kemana. Kalau mau tau nanti bisa ikut di rapat penyusunan bersama panitia," tutur Warek II.

Rep : STS

Red : AS

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE