Home » » Gedung Aula Serbaguna Makin Banyak Kerusakan, Butuh Direnovasi

Gedung Aula Serbaguna Makin Banyak Kerusakan, Butuh Direnovasi

Posted by LPM REDLINE on Oct 5, 2023

 

Kondisi terkini gedung Aula Serbaguna IAIN

Kampus, Red Line News-- Kondisi Gedung Aula Serbaguna Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dinilai sudah tidak layak pakai dan butuh segera renovasi, Kamis (05/10).

Gedung yang selalu menjadi pusat kegiatan organisasi kemahasiswaan ini sudah mengalami banyak kerusakan, baik kerusakan di bagian pondasi, plafon, maupun kerusakan fasilitas pendukung lainnya seperti lampu dan kipas angin.

Salah seorang mahasiswa, Syamsuddin Nor mengkhawatirkan terkait fasilitas yang rusak ini akan membahayakan keselamatan mahasiswa. "Fasilitas Aula serbaguna seperti kipas yang sudah rusak, lantai retak, dan plafon panggung yang sudah kelihatan rapuh tentu akan membahayakan mahasiswa nantinya. Ini tidak lain untuk keselamatan mahasiswa," pungkas Syamsuddin saat ditemui.

Ia juga mengatakan apabila nantinya Aula Serbaguna dirombak, tentu harus ada gedung sementara yang dapat digunakan sebagai lokasi kegiatan mahasiswa. "Saya pernah mendengar bahwa Aula Serbaguna ini tidak memungkinkan untuk di renovasi, jadi harus di rombak karena struktur tanah yang sudah amblas. Kalau memang mau di rombak ulang, harus ada gedung atau tempat yang menggantikan Aula Serbaguna untuk berkegiatan," lanjutnya.

Presiden Mahasiswa IAIN Parepare, Naharuddin SR membenarkan terkait kondisi Aula Serbaguna yang sudah perlu direnovasi. "Memang kondisi Aula Serbaguna saat ini perlu direnovasi demi kenyamanan para pengguna mulai dari tataran Dosen sampai Mahasiswa," katanya.

Ia mengungkap terkait beberapa kerusakan fasilitas yang ada di Aula Serbaguna sudah dilaporkan ke pimpinan. "Sebenarnya Fasilitas seperti AC dan kipas yang sudah tidak berfungsi ini sudah sampai ke Pimpinan, tinggal butuh follow up dari fungsionaris lembaga agar segera mendapat perhatian," ungkap Nahar.

Nahar juga berharap agar Aula Serbaguna ini bisa menjadi prioritas untuk segera direnovasi. "Kami sangat berharap agar Aula Serbaguna segera di renovasi sehingga dapat menghadirkan keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan fasilitas Aula Serbaguna dalam berkegiatan," harapnya.

Menanggapi hal tersebut koordinator tim Perencana IAIN Parepare, Hasyim menjelaskan terkait renovasi Aula Serbaguna sudah dalam perencanaan. "Sebenarnya kami sudah melakukan perencanaan dan menunggu analisisa kontruksi, karena jangan sampai kita melakukan pemeliharaan tanpa mempertimbangkan analisa kontruksi apalagi kondisinya sudah ada beberapa keretakan," ungkap Hasyim.

Ia mengatakan Aula Serbaguna sudah masuk agenda untuk dilakukan rehabilitasi. "Itu sudah masuk agenda kami untuk melakukan rehabilitasi. Bukan pemeliharaan lagi supaya gedung ini kembali aman digunakan," jelas Hasyim.


Reporter : ASR

Redaktur :DWS

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE