Home » » IAIN Parepare Torehkan Prestasi Gemilang, Raih Akreditasi Baik Sekali

IAIN Parepare Torehkan Prestasi Gemilang, Raih Akreditasi Baik Sekali

Posted by LPM REDLINE on Jun 3, 2024

Sertifikat Akreditasi 

Kampus, Red Line News-- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare yang dulunya berakreditasi Baik (B), tahun ini berubah menjadi akreditasi Baik Sekali. Berdasarkan perubahan peraturan, tingkatkan akreditasi yang terbagi atas tiga yaitu C, B, dan A, sekarang berubah kategori menjadi baik, baik sekali, dan unggul, Senin (03/06). 

Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Saepudin menjelaskan proses konversi akreditasi ini melalui evaluasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. "Sekarang alhamdulillah kita sudah konversi melalui proses penilaian oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dari B ke baik sekali, ini merupakan sebuah kesyukuran bagi kita karena sudah mengkonversi itu," jelasnya.

Lebih lanjut, Saepudin menyatakan harapannya untuk meningkatkan akreditasi menjadi tingkat unggul di masa mendatang. "Pencapaian ini tercapai karena beberapa usaha dan dorongan, yang pertama yaitu atas kerja keras dari tim penyusun yang benar-benar mempersiapkan dua dokumen yaitu laporan kinerja Perguruan Tinggi yang terkait dengan jumlah publikasi ilmiah dosen, dan jumlah prestasi mahasiswa serta dokumen evaluasi diri. Kemudian yang ke dua adalah tentu karena capaian bersama. Untuk persiapannya tentu tidak lama, harapan saya tingkat akreditasi ini bisa kita tingkatkan ke tingkat akreditasi unggul," tambahnya. 

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I), Muhammad Risal S, menyambut baik perubahan ini. "Disatu sisi merasa senang terhadap perjuangan kampus yang berusaha untuk merubah akreditasi kampus kita menjadi baik sekali, setidaknya menjadi salah satu nilai jual bagi calon mahasiswa untuk mendaftarkan dirinya di kampus hijau tosca. Namun, disisi lain sebetulnya menjadi tantangan besar kita ke depannya, sebab akreditasi erat kaitannya dengan perubahan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa, semakin tinggi akreditasi maka semakin tinggi pula UKT per mahasiswanya," ujarnya. 

Risal juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan akreditasi ini sebagai jembatan menuju dunia kerja di masa depan. "Harapan besar kamu tentu tidak lepas dari kemaslahatan kita bersama, yakni tidak adanya perubahan-perubahan secara signifikan yang terjadi ke depannya akibat perubahan akreditasi kampus," tutupnya. 


Reporter: ASR, SRL, NAZ

Redaktur: MDN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE