Home » , » Prodi PMI Laksanakan Lokakarya Pendampingan Masyarakat

Prodi PMI Laksanakan Lokakarya Pendampingan Masyarakat

Posted by LPM REDLINE on 14 Nov 2016

IST

Redline News -- Program studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) melaksanakan kegiatan Lokakarya Wacana Pengelolaan Komunikasi Program Pendampingan Masyarakat. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, 12-13 November 2016, di aula STAIN yang diikuti 100 mahasiswa peserta dari empat prodi.

Muhammad Saleh selaku ketua jurusan mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan keilmuan untuk membangkitkan kesadaran dan rasa cinta mahasiswa kepada masyarakat agar turun mendampingi dan menggali potensi yang ada ditengah masyarakat. Hal tersebut kata dia, berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan dan penanggulangan kemiskinan.

"Bukan menggurui, tetapi mendampingi. Kalau kita bisa kembangkan potensi yang ada di tengah masyarakat, maka pasti banyak hal yang bisa kita dapatkan karena kita telah membangun peradaban masyarakat yang masih termarjinalkan",
tegas Muhammad Saleh.

Menurutnya salah satu misi dari jurusan dakwah dan komunikasi yaitu membangun suatu konsep dan cara berpikir mahasiswa. Dikarenakan masih banyak mahasiswa ketika masuk keperguruan tinggi selalu berorientasi pada pekerjaan praktis misalnya mau jadi PNS, padahal itu bukan tujuan utama tetapi bagaimana membangun masyarakat kedepan.

"Kita buat satu pilot project dengan mencari lokasi yang mau didampingi. Kita bentuk kolaborasi, di dalamya ada dakwah, konseling, komunikasi bergabung untuk pengembangan dan pemberdayaan potensi masyarakat. Kalau mahasiswa bisa melakukan itu maka pikiran menjadi PNS semata itu tidak ada lagi," ungkapnya.(*)


SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE