Home » , , , » Andi Haswan Saddade "Mengembalikan Kearifan Lokal"

Andi Haswan Saddade "Mengembalikan Kearifan Lokal"

Posted by LPM REDLINE on 13 Aug 2017

Permainan Ma'getta (Lompat Tali), yang dipermainkan oleh warga Tonrangeng, (13/8)
Parepare, RedLine News-- Komunitas Net Good People mengadakan event dengan tema "Traditional game and Study Fun Net People" di Tonrangeng Kec Bacukiki Barat, (13/8).

Traditional game dalam kegiatan ini adalah mappadinding (Moto GP), ma'ggetta (Lompat Karet), ma'bbintang, mallonga' (Enggrang), maggoli (Kelereng), dan lomba mewarnai. 

Masyarakat Tonrangeng sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, baik dalam kalangan orang tua, remaja dan anak-anak. 

Evi salah satu warga mengatakan bahwa kegiatan ini berbeda dari tahun sebelumnya "Kami sangat antusias dengan acara ini karena kita turut memperingati kemerdekaan RI. Kegiatan ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini Net Good People yang mengadakan kegiatannya sementara tahun-tahun kemarin tdk ada kerja samanya," ungkapnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai komunitas, yakni komunitas Chapter Parepare, Pencinta Reptil Parepare,  dan Komunitas Madduta Parepare

Andi Haswan Saddade selaku ketua Komunitas Net Good People Parepare, mengatakan kegiatan ini untuk mengembalikan kearifan lokal dalam masyarakat "tujuan utama kegiatan ini untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 72 karena ini temanya tradisional untuk mengembalikan roh kearifan lokal dan supaya anak-anak tahu bahwa ada permainan seperti ini tujuannya untuk pelestarian," jelasnya.
  
Beliau menambahkan untuk rancana kedepannya "Rencana kedepannya karena ini baru awal dan masih ada kegiatan berikutnya yang lebih kreatif lagi," tambahnya.

Reporter  : Mtk, Drm
Redaktur : Yli

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE