Home » , » 7 Tips Ampuh Menghadapi UTS Ala Civitas Akademik IAIN Parepare

7 Tips Ampuh Menghadapi UTS Ala Civitas Akademik IAIN Parepare

Posted by LPM REDLINE on 6 Nov 2019

Suasana Kelas 


Kampus,Red Line News-- Sebagai seorang Mahasiswa tentu mengahadapi Ujian Tengah Semester (UTS) atau Mid semester adalah hal yang wajib untuk kita ikuti disetiap mata kuliah. Tapi tidak sedikit Mahasiswa yang masih kesulitan dalam mengahadapi Mid semester. Hal ini disebabkan karena kurangnya persiapan yang dilakukan terlebih dahulu. Padahal untuk memperoleh nilai yang baik, Mid semester merupakan salah satu item kuliah yang sangat mendukung untuk memperoleh nilai yang bagus.
Berikut LPM Red Line merangkum beberapa tips menghadapi Mid Semester dari Civitas Akademik IAIN Parepare.

1. Membuat Jadwal Belajar
Dilansir di Quipper.com tentang tips mengahadapi UTS, membuat Timeline belajar merupakan hal yang penting. Karena jika ingin memperoleh nilai yang bagus, maka harus ditempuh dengan cara belajar. Tempatkan waktu belajar anda dikesempatan yang dapat membantu anda untuk berkonsentrasi dengan baik. Jangan lupa untuk memprioritaskan waktu belajar anda ketimbang aktivitas yang tidak terlalu penting.

2. Mengulang Kembali Pelajaran Saat Berada di Rumah
sebagai seorang manusia biasa, terkadang kita diliputi oleh rasa lupa yang bisa menyerang kapan saja. Untuk itu sebagai seorang Mahasiswa apalagi ketika mendekati masa UTS, sudah sewajarnya agar kita menyempatkan waktu untuk mengulang pelajaran yang diterima di kampus, dan tidak lupa juga senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seperti yang dilakukan oleh Imran salah seorang Mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam.

3. Memperbanyak Baca Buku
cara selanjutnya adalah dengan memperbanyak buku referensi yang sangat berguna dalam menghadapi UTS, karena selain materi yang telah diberikan oleh Dosen, tentunya dengan banyak membaca buku atau literatur yang lain kalian bisa mendapat banyak pengetahuan baru untuk dijadikan bahan dalam mengikuti UTS. Seperti yang dilakukan oleh Alfina salah seorang Mahasiswi Prodi Pariwisata Syariah.

4. Bertanyalah kepada Dosen
salah satu hal yang tidak boleh diabaikan saat akan ujian adalah memperjelas dan mepertanyakan materi yang tidak dimengerti kepada dosen. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti dan pahami tentunya kamu harus bertanya kepada Dosen. Mislanya ada materi yang belum disampaikan, silabus kurang jelas, atau ingin review materi dan soal yang bisa kamu lakukan tidak hanya di kelas, tentu dengan senang hati Dosenmu akan menjawab pertanyaan tersebut meski pun diluar kelas. Seperti yang dilakukan oleh Satria salah seorang Mahasiswi Prodi Manajemen Keuangan Syariah.

5. Belajar Berkelompok
Opsi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah belajar berkelompok sambil berdiskusi mengenai materi yang diberikan, tips ini juga bisa dilakukan bagi kalian yang kadang jenuh dengan aktivitas belajar yang monoton. Dengan mengajak beberapa teman sekelasmu tentu saja diskusi yang kalian lakukan akan terasa menarik dan tentunya banyak perspektif baru yang kamu temukan dalam proses diskusimu.

6. Mempersiapkan Mental
Hairil yang merupakan salah seorang dosen di IAIN Parepare juga menyarankan untuk mempersiapkan mental agar tidak ragu menjawab soal nantinya. Jangan lupa perbanyak istirahat dan mengurangi bermain gadget apalagi game, agar tidak stres dan tetap bisa berkonsentrasi dengan baik ketika menghadapi Mid semester.

7. Jangan Lupa Berdoa Guys
Tips yang terakhir ini merupakan tips paling penting dari semua tips di atas. Mengapa? Karena dengan berdoa, kalian akan mendapatkan ketenangan lahir maupun batin dalam menghadapi UTS agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Sertakanlah doa dalam ushamu agar lebih berberkah. Jangan sekali-kali lupa untuk selalu melibatkan tuhan dalam proses belajarmu. Seperti yang dilakukan oleh Reski salah seorang Mahasiswi Prodi Perbankan Syariah.

Nah, itu dia 7 tips ampuh untuk menghadapi UTS Ala Civitas Akademik IAIN Parepare. Akan lebih indah ketika kita menggunakan cara-cara kreatif dan bermanfaat untuk mengahadapi Mid Semester, dari pada harus menggunakan jalan pintas seperti mencontek yang justru membuat kita terjerumus oleh kotornya dosa. Semoga bermanfaat.
Ukir Semesta, Tuntas Akurat, Memberitakan.

Reporter : ASR
Redakatur : UKM

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE