Home » , , » Aksi Nyata, DEMA IAIN Parepare Open Recruitment Relawan Covid-19 Kota Parepare

Aksi Nyata, DEMA IAIN Parepare Open Recruitment Relawan Covid-19 Kota Parepare

Posted by LPM REDLINE on 30 Mar 2020

Logo Open Recruitment Volunter Covid-19 Parepare
30 Maret 2020




Parepare, Red Line News-- Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA-I) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dan Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 01 IAIN Parepare membuka Rekrutmen Relawan Covid-19 bagi seluruh Organisasi Kemahasiswaan IAIN Parepare, Organisasi Eksternal, Organisasi Kedaerahan serta Komunitas yang ada di Kota Parepare, (30/01).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengaktifkan solidaritas sejumlah organisasi dan komunitas yang terdapat di Kota Parepare agar lebih produktif dan proaktif dalam mengawal Pandemi ini, serta terlibat dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Parepare sebagai wujud kepedulian sosial.

Adapun prosedur anggota relawan adalah sebagai berikut :
1. Terdiri dari satu orang perwakilan untuk setiap organisasi atau komunitas demi menghindari kerumunan massa yang berlebihan dan tetap patuh pada protokol kesehatan ketika terjun langsung di lapangan.
2. Melakukan gerakan-gerakan produktif baik melalui media online maupun cetak, seperti mensosialisasikan segala bentuk brosur atau pamflet dari Tim Relawan Covid-19 Parepare yang sifatnya edukatif dan informatif.
3. Aktif memberikan saran dan masukan demi meningkatnya progres kegiatan selama dalam masa Pandemi.
4. Setiap delegasi menjadi penyambung ke organisasi atau komunitas yang terlibat dalam rangka tercapainya tujuan bersama.
5.Ketika anggota relawan terjun ke masyarakat akan dibekali alat kesehatan serta informasi mengenai Covid-19 terlebih dahulu.
6.Berpartisipasi atas dasar kemanusiaan bukan dengan kepentingan.

Gambaran Kegiatan dan aktivitas
Pra Hari H adalah kegiatan yang dilakukan Relawan Covid-19 Parepare sebelum terjun ke lapangan, diantaranya :
1. Melakukan publikasi online terkait perkembangan seputar Covid-19 yang sifatnya informasi dan edukasi dari Relawan Covid-19 Parepare.
Informasi dapat berupa berita atau data jumlah (Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Perawatan (PDP), Positif dan Meninggal) serta berita-berita perkembangan Covid-19 lainnya.
Informasi Edukasi berupa cara cuci tangan, etika-etika bersin, dan metode lainnya.
2. Membantu mencari donatur yang tidak terikat demi keperluan materil, adapun donasinya akan didistribusikan untuk keperluan di Hari H.

Hari H adalah kegiatan yang dilakukan yang sifatnya terjun langsung ke lapangan baik rumah warga, jalanan dan tempat-tempat strategis, diantaranya :
1.Membagikan Hand Sanitizer, masker dan sejenisnya kepada masyarakat sesuai dengan kemampuan materil atau dana yang dikumpulkan Relawan Covid-19 Parepare.
2.Memasang/menempel brosur atau media cetak lainnya yang sifatnya informatif dan edukasi dirumah warga, tempat umum dan jalanan.
3.Memberikan bantuan stimulus seperti dana, komoditas barang, dll.

Indra Albar Amsary selaku Komandan KSR PMI Unit 01 dihubungi via WhatsaApp mengungkapkan kegiatan ini masih dalam tahap sosialisasi dengan mengajak organisasi dan komunitas untuk bergabung. "Adapun langkah kami dalam melakukan aktivitas sosial ini adalah terlebih dahulu kami meminta beberapa organisasi maupun komunitas untuk bergabung dalam lingkaran kepedulian ini, dengan tujuan agar masifnya sosialisasi dan pemberitaan tentang kegiatan sosial ini," ungkap

Riecardy Selaku Presiden Mahasiswa IAIN Parepare berharap lewat gerakan ini dampak Covid-19 dapat diminimalisir. "Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meminimalisir dampak dari pandemi Covid-19 baik secara psikologis maupun ekonomis. Semoga semua elemen kemahasiswaan dapat berpartisipasi dalam menjalankan fungsi sosial organisasi seraya tidak lupa dengan prosedur kesehatan yang ada dan tetap menebar hal-hal yang menyehatkan dan mengedukasi" ungkapnya.

Reporter : NFD
Redaktur : IDL

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE