Home » » Diskusi Virtual Qalam Madrasah, Eksistensi Al-Qur'an dan Kesenian di Masa Pandemi Covid-19

Diskusi Virtual Qalam Madrasah, Eksistensi Al-Qur'an dan Kesenian di Masa Pandemi Covid-19

Posted by LPM REDLINE on 19 Jul 2020


Pamflet diksusi virtual via Zoom Meeting Cloud Rumah Baca dan Kreasi Qalam 19 Juli 2020


Parepare, Red Line News
 -- Rumah Baca dan Kreasi Qalam kembali menggelar diksusi virtual via Zoom Meeting Cloud. Tema yang diangkat kali ini mengenai Al-Qur'an dan Kesenian dengan mengaitkan kondisi pandemi virus corona yang masih mewabah. 
Guru yang diundang, yakni Muhammad Munawir Tipu dan Ahmad Said Rifqi yang merupakan anggota Komunitas Perut Bumi dan Semesta Al Qur'an serta Muhammad Rafi'i Rahim selaku Dosen IAIN Palu yang membawakan kajian keagamaan. (19/07).

Diskusi vurtual ini tidak hanya dihadiri oleh pegiat literasi saja, tapi juga dari kalangan akademisi, masyarakat hingga pemuka agama.

Muhammad Rafi'i Rahim menjelaskan bahwa audio visualisasi Al-Qur'an merupakan karya seni yang dibuat lebih medern bagi generasi sekarang. "Al-Qur'an itu seni yang sempurna, audio visualisasinya merupakan satu kesenian namun lebih kepada karya fenomenal yang nantinya akan menambah wadah baru. Visualisasi ini sebenarnya adalah cara Wali Songo untuk membuatnya lebih modern agar relevan bagi kaum milenial," jelasnya. 

Nur Mubarak salah seorang peserta mengungkapkan bahwa pemuda saat ini harus berpikir inovatif dalam mendekatkan diri kepada Al-Qur'an dan tema yang diangkat oleh pengelola komunitas literasi sangat sesuai kondisi sekarang. "Temanya sangat sinkron, ini sangat bagus karena semua kalangan bisa masuk dan bisa memberi daya semangat kepada teman teman untuk antusias menyelesaikan proyek ini," ungkapnya. 

Ia menambahkan bahwa saat ini platform media sosial membutuhkan konten positif dan diskusi seperti inilah yang di tunggu untuk memberi warna kehidupan. "Ide-ide seperti inilah yang perlu di kembangkan di masa pandemi dan PSBB. Semoga kreatifitas yang digarap sukses sesuai dengan perencanaan," tutupnya.

Rep : NTA/AS
Red : WAM

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE