Home » » Pembukaan Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023,Warek 1 Sampaikan Mekanisme Perkuliahan

Pembukaan Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023,Warek 1 Sampaikan Mekanisme Perkuliahan

Posted by LPM REDLINE on Mar 8, 2023

Pembukaan Kuliah Semester Genap tahun Akademik 2022-2023

Kampus, Red Line News-- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Laksanakan Pembukaan Kuliah Semester Genap tahun Akademik 2022-2023 pada rabu 08 Maret 2022 yang bertempat di Auditorium IAIN Parepare, (08/03). 

Saepudin, selaku Wakil Rektor (Warek) 1 bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Parepare dalam sambutannya menjelaskan terkait sistem perkuliahan yang nantinya diterapkan pada semester genap ini."Proses perkuliahan dilakukan secara offline. Untuk satu SKS 50 menit tatap muka, dan 60 menit tugas terstruktur, dan 60 menit tugas materi jadi jika ada mata kuliah 2 SKS makan proses tatap muka 50 kali 2 jadi 100 menit," ucapnya. 

Lebih lanjut Saepudin pun juga mengungkap jumlah setiap kelas, Rombel, dan juga Dosen dari Fakultas."Fakultas Ekonomi Bisnis Islam proses perkuliahan dilaksanakan dengan 26 kelas, 381 Rombel dan 57 Dosen. Fakultas Syari'ah dan Hukum Islam 13 kelas, 255 Rombel, 47 Dosen. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah 20 kelas, 334 Fombel, 66 Dosen. Fakultas Tarbiyah 27 kelas, 500 Rombel, 102 Dosen. Dan untuk Pasca Sarjana ada 27 kelas, 127 Ronbel, 74 Dosen. Untuk keseluruhan 113 kelas, 1508 Rombel, 360 Dosen," lanjutnya.

Selain itu, dalam kegiatan Pembukaan Kuliah ini juga dirangkaikan dengan Kuliah Umum yang dibawakan oleh Agus Muchsin yaitu "Konstruksi Fikhi Akademik Fakultas Syari'ah dan Ilmu Hukum Islam di Era Disrupsi" dan tema "Akulturasi bahasa Arab dan bahasa Bugis dalam bingkai Budaya Lokal" dibawakan oleh Herda.

Hannani, selaku Rektor IAIN Parepare dalam sambutannya menjelaskan tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Dosen yang ingin melaksakan perkuliahan secara online nantinya. "Saat ini perkuliahan online dihilangkan dulu karena masih pada tahapan perencanaan, bagi dosen yang ingin melaksanakan perkuliahan online nantinya harus memenuhi beberapa syarat yaitu harus berlangganan dengan zoom, mengirim point-point pembelajaran, memberikan quiz, dan juga memberikan dokumentasi berupa foto dan video," ucapnya. 

Tak lupa Hannani juga berpesan kepada Mahasiswa IAIN Parepare untuk tetap semangat dalam membangun diri."Mohon kepada anak-anakku harus semangat membangun dirinya. Tumbuhkan nilai-nilai luhur, harus mempunyai sifat jujur, peduli, tangguh, cerdas, kritis, dan masih banyak lagi," ungkapnya.

Hasmiati, Mahasiswa Program Studi Jurnalistik Islam memberikannya tanggapannya mengenai kegiatan Pembukaan Kuliah semester Genap. "Menurut saya diadakannya kegiatan awal pembukaan semester genap ini sangatlah bagus karena menerangkan kepada mahasiswa bagaimana sistem pembelajaran yang akan dilakukan dalam semester genap ini sehingga Mahasiswa lebih mendapatkan motivasi dan persiapan sebelum pembelajaran perkuliahan berlangsung," ungkapnya.


Reporter : MDN & HSM

Redaktur : ASR

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE