Home » » Webinar IPNU & IPPNU: Efektifitas Media Komunikasi dalam Menjalankan Roda Pendidikan di Era New Normal

Webinar IPNU & IPPNU: Efektifitas Media Komunikasi dalam Menjalankan Roda Pendidikan di Era New Normal

Posted by LPM REDLINE on 5 Jul 2020

Pamflet Webinar Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU & IPPNU) Kota Parepare 


Parepare, Red Line News-- Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU & IPPNU) Kota Parepare menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk seminar virtual (WEBINAR) dengan mengangkat tema "Efektivitas Media Komunikasi dalam Menjalankan Roda Pendidikan di Era New Normal", (04/07).

Webinar yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting ini dimulai dari pukul 14:30 s.d 17.00 WITA, menghadirkan narasumber dari beberapa instansi yang terkait dalam bidang pendidikan, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare Drs. Arifuddin Idris, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Wilayah VIII Fitri Ari Utami, S.I.P., M.H., Ksi. Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kota Parapare Dr. Muhamad Idris S.Pd., M.Pd dan Dosen Komunikasi Institut Agama Islam Negeri Parepare Taufiq Syam, M.Sos.

Rusdi selaku Wakil IPNU mewakili pengurus IPNU/IPPNU dalam sambutannya berharap organisasi berbasis pelajar dapat berkontribusi untuk menciptakan sinergitas khususnya di wilayah Kota Parepare. "Organisasi IPNU dan IPPNU sebagai inisiator dari kegiatan ini mengharapkan agar organisasi-organisasi yang berbasis pelajar dan kepemudaan dapat terus berkontribusi dan  membuka ruang komunikasi yang dapat menciptakan sinergitas dengan seluruh stakeholder di lembaga pendidikan Kota Parepare dalam menyajikan kegiatan-kegiatan yang dapat melibatkan para pelajar dalam rangka mempersiapkan sumber daya yang berkualitas dalam meghadapi situasi dan kondisi apapun," harapnya.

Dalam Webinar tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare dalam Arifuddin Idris menjelaskan kepada para peserta terkait teknis pelaksanaan dan penerimaan siswa baru. "Untuk saat ini Kota Parepare masih dalam situasi yang belum bisa untuk menerapkan New Normal karena masih berada dalam status zona merah, maka perihal teknis pelaksanaan dari penerimaan siswa baru akan di terapkan via daring dan inovasi lain masih di upayakan. Perlu upaya dan kerja inovatif dari seluruh elemen dalam upaya memaksimalkan proses belajar. Guru harus sekreatif dan inovatif mungkin untuk bisa memahami siswa," jelasnya.

Ketua Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Wilayah VIII Fitri Ari Utami menambahkan bahwa pemerintah akan terus berupaya mencari solusi perihal pembalajaran daring  yang belum menyentuh siswa di daerah terpencil terkhusunya kepada SMA, SMK sederajat yang berada di wilayah VIII (Barru, Parepare dan Sidrap).

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah KEMENAG Kota Parepare Muhamad Idris mengaku bahwa KEMENAG Kota Parepare telah meluncurkan  program  aplikasi media pembelajaran. "Aplikasi yang di beri nama  SIRAGA RAGA yang diluncurkan ini menjadi sarana dalam mengoptimalkan media pembelajaran khususnya dibawah naungan KEMENAG Kota Parepare. Aplikasi ini merupakan hasil kreasi dan inovasi dari  salaseorang yang notabenenya bukan dari latar belakang sarjana IT namun dari sarjana pendidikan itu sendiri," jelasnya.

Sedangkan dari sudut pandang akademisi, Taufiq Syam Dosen Komunikasi IAIN Parepare menyampaikan bahwa Webinar yang diadakan oleh pengurus IPNU dan IPPNU ini merupakan sebuah kegiatan yg sangat efektif dan positif karena mampu memberikan penjelasan terkait penerapan regulasi di bidang pendidikan selama masa pendemi.

"Webinar ini telah memberikan kita semua kesadaran akan pentingnya sebuah proses adaptasi dan sinegitas yang kondusif antar semua pihak yang mampu mendukung pola kebijakan dalam institusi pendidikan di masa pendemi ini," jelasnya dalam closing statemen.

Kegiatan ini diikuti oleh para kepala sekolah, kepala madrasah, guru, dosen, mahasiswa dan para pelajar SMP, MTs,  SMA, SMK, MA, MAN dari Kota Parepare dan di luar Kota Parepare. Para peserta sangat antusias dengan kegiatan ini, terbukti dari banyaknya pertayaan dan terbangunnya dinamika diskusi selama webinar berlansung. 

Pada akhir sesi, moderator webinar yakni Tasman Ramadhan berharap kegiatan webinar ini terus dilakukan dengan mengangkat isu penting khususnya pendidikan. “Melalui pelaksanaan kegiatan ini, kami berharap bahwa pelakasan kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan di lain waktu dan kesempatan dengan tetap membahas isu-isu penting secara  khusus demi meningkatkan pendidikan di Kota Parepare," harapnya.

Ucapan terimakasih ikut disampaikan oleh pengurus IPNU dan IPPNU Cabang Kota Parepare kepada seluruh peserta dan elemen yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan memohon agar dapat terus diberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan berikutnya.

Reporter : AAS
Redaktur : WAM

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE