Home » » Menulusuri Sumber Sejarah dalam Studi Wisata Budaya SPI IAIN Parepare

Menulusuri Sumber Sejarah dalam Studi Wisata Budaya SPI IAIN Parepare

Posted by LPM REDLINE on 9 Jul 2021

 

Wisata Budaya yang Digelar oleh HMPS SPI
09 Juli 2021

Makassar, Red Line News-- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sejarah Peradaban Islam (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Parepare melaksanakan Studi Wisata Budaya dengan tema "Mengenal dan Menelusuri Kebudayaan dan Sejarah Masyarakat Sulsel" yang dilaksanakan di Makassar,(09/07).


Adapun lokasi Studi Wisata Budaya dilaksanakan beberapa tempat yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan (Sulsel), Benteng Rotterdam Makassar, dan Museum La Galigo. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa SPI angakatan 2018.


Ahmad Yani selaku dosen SPI yang juga sebagai dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan mengatakan bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait sumber sejarah dan budaya khususnya sejarah dan budaya di Sulsel. "Penelusuran sumber sejarah ini adalah bekal awal mahasiswa dalam mengajukan judul penelitian bagi mahasiswa SPI," ungkapnya.


Ahmad Yani menambahkan bahwa "instansi yang dikunjungi pastinya berkaitan dengan ke-prodian misalnya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipaan Perpustakaan Sulsel yang mengkoleksi ratusan arsip yang bisa dijadikan sebagai sumber sejarah sama halnya di Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Museum La Galigo yang banyak mengkoleksi peninggalan Sulsel yang bisa juga dijadikan sumber dalam penelitian sejarah," tambahnya.


Muh.Ishar selaku mahasiswa SPI yang ikut dalam kegiatan Studi Wisata Budaya ini menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami dalam hal berguna sebagai dasar dalam mengajukan judul penelitian bagi kami nantinya. "Penelusuran sumber-sumber sejarah di tiga tempat tersebut sangat menambah wawasan dan literatur bagi kami untuk memperdalam cakrawala ilmu mengenai sejarah Sulsel dan juga berguna sebagai bekal kami nantinya dalam mengajukan judul penelitian sejarah," ucapnya.


Rep : HAM

Red : AS

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE