Home » » Persiapan Jelang PEMIRA, KPUM Buka Pendaftaran Bakal Calon SEMA/DEMA

Persiapan Jelang PEMIRA, KPUM Buka Pendaftaran Bakal Calon SEMA/DEMA

Posted by LPM REDLINE on 24 Des 2022

Logo Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) 2022
24 Desember 2022
 


Kampus, Red Line News--- Pemilihan Mahasiswa Raya (PEMIRA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare periode 2022/2023 akan digelar tanggal 19 Januari 2023 mendatang  oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM), (24/12).

Saat ini pihak KPUM sudah membuka pendaftaran calon untuk bakal calon Dewan Eksekutif Mahasiswa-Institut (DEMA-I), Senat Mahasiswa-Institut (SEMA-I), Dewan Eksekutif Mahasiswa-Fakultas (DEMA-F) dan Senat Mahasiswa-Fakultas (SEMA-F) hingga 25 Desember 2022 mendatang.

Muhammad Yunus, Ketua Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) mengungkapkan Pemira tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun lalu, tahun ini HM-PS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) sudah diambil ahli oleh Sema-F (Senat Mahasiswa Fakultas). "Tahun lalu pemilihan untuk tingkatan HM-PS diambil alih oleh Sema-I untuk tahun ini kami memberikan kebebasan kepada Sema-F," ungkapnya.

Lebih lanjut Muhammad Yunus berujar mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan PEMIRA. "Melalui Pemira kita dapat belajar bagaimana cara manajemen pola kepemimpinan dan melahirkan kepemimpinan yang sesuai dengan masyarakat IAIN Parepare", ujarnya.

Muhammad Yusuf selaku Ketua KPUM mengungkapkan tidak jauh berbeda dari PEMIRA sebelumnya seperti pengumuman kandidat calon, pencabutan nomor urut, kampanye kandidat, pemaparan Visi dan Misi serta Debat kandidat, kemudian memasuki minggu tenang dimana segala bentuk kampanye diberhentikan, dan terakhir hari pemilihan. "Sistem pemilihan tentunya kami laksanakan secara offline karena kita lihat kondisi sekarang, Alhamdulillah perkuliahan sudah dilakukan secara offline maka dari itu untuk sistem pemilihan di PEMIRA nantinya juga dilaksanakan secara offline," ungkap ketua KPUM.

Muhammad Yusuf menjelaskan saat ini formulir pendaftaran untuk bakal calon DEMA-I dan DEMA-F sudah terisi. "Kalau untuk pengambilan formulir saat ini untuk DEMA-I dan Dema-F  sudah diambil oleh partai, kalau SEMA-I yang baru ambil itu dari partai sama LDM, adapun dari SEMA-F sejauh ini partai sama beberapa dari HM-PS yang sudah ambil, untuk pengembalian sampai hari ini belum ada yang mengembalikan formulir," jelasnya. 

Yusuf menambahkan akan memperpanjang pendaftaran untuk bakal calon SEMA-F dan SEMA-I. "Kalau sampai tanggal terakhir pendaftaran belum terisi semua, kemungkinan kita perpanjang pendaftaran untuk SEMA-F dan SEMA-I, namun untuk  DEMA-F dan DEMA-I tidak ada perpanjangan," pungkas ketua KPUM.

Fiza selaku Mahasiswa Pendidikan Agama Islam menyatakan pemira adalah sesuatu hal yang diwajibkan untuk memilih pemimpin di masa yang akan datang "Saya berharap pemilihannya dilaksanakan dengan jujur, jangan anarkis dan jangan saling menjatuhkan" harapnya.


Rep: KHN/MRN

Red: STS

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE