Home » » Tumbuhkan Minat Baca, GEMAR Adakan Kegiatan Gerakan Literasi Libatkan Beberapa Sekolah

Tumbuhkan Minat Baca, GEMAR Adakan Kegiatan Gerakan Literasi Libatkan Beberapa Sekolah

Posted by LPM REDLINE on Feb 19, 2023

 

Gerakan Literasi

Kampus, Red Line News-- Gerakan Mahasiswa Mattiro bulu (GEMAR) gelar kegiatan Gerakan Literasi Libatkan beberapa sekolah yaitu SMA Negeri 7 Pinrang dan SMK Negeri 3 Pinrang pada Sabtu, 18-19 Februari 2023 dengan mengusung tema "Bergerak Melestarikan Literasi" bertempat di Gedung Aula SMK Negeri 3 Pinrang, (18/02).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri, antara lain Malik Fajar, salah satu perintis Forum Riset dan Karya Ilmiah (FORKIM) IAIN Parepare; demisioner Ketua umum GEMAR, Hadi Arif; penulis buku, Renaldi; dan pegiat literasi yakni Hestiati, diikuti oleh dua sekolah yaitu SMA Negeri 7 Pinrang dan SMK Negeri 3 Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang.

Ketua Umum GEMAR, Lutpia menjelaskan Gerakan Literasi  ini merupakan wadah sekaligus ajang pertemuan antar siswa. “Kegiatan ini merupakan ajang untuk mendorong minat literasi dan silahturahmi antar siswa agar nantinya mereka bisa betul-betul memahami bagaimana sebenarnya literasi," ungkapnya.

Renaldi, salah satu pemateri dalam kegiatan Literasi mengatakan kegiatan tersebut sangat menarik terutama karena meningkatkan minat baca siswa. "Kami ingin melatih siswa membangun budaya baca, menciptakan stimulus bagi siswa yang lebih muda, menjelaskan tentang pentingnya membaca, dan semoga akan menciptakan budaya membaca,” tutur Renaldi.

Selain itu, Renaldi berharap dapat lebih mengembangkan daerah melalui literasi yang ada. “Dengan landasan literasi yang baik, mahasiswa maupun siswa di lapangan dapat berkolaborasi sebagai ide kreatif dan tentunya sekaligus menjadi  penggerak,” ujarnya.

Zahra Aulia Natasya, salah satu siswa SMK Negeri 3 Pinrang, sangat berterima kasih kepada GEMAR karena telah melakukan kegiatan literasi dan menyajikan materi-materi yang berdampak positif bagi dirinya terutama dalam bidang menulis. "Materi yang dibawakan pemateri berdampak besar pada apa yang saya lakukan sekarang yaitu menulis skript, materi ini bisa membantu saya dalam mengerjakannya. Saya berharap kakak-kakak dapat membimbing dan membantu saya maupun teman-teman dalam menulis nantinya,” ucap Zahra.

Ia juga berharap ke depannya bisa lebih giat membaca buku. “Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, saya semakin giat menulis dan membaca buku-buku bagus dan menarik yang tentunya bisa menambah wawasan saya,” sambung Zahra.


Reporter: ASM

Redaktur: DWI

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE