Home » » IAIN Parepare Dapat Banyak Dukungan, Menuju Transformasi Menjadi UIN

IAIN Parepare Dapat Banyak Dukungan, Menuju Transformasi Menjadi UIN

Posted by LPM REDLINE on Aug 13, 2023

 

perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN)

Kampus, Red Line News-- Perencanaaan perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) menjadi perbincangan hangat di kalangan civitas akademika IAIN Parepare saat ini, Sabtu (12/08).

Rencana perubahan status ini memang sudah menjadi perbincangan sejak setahun yang lalu.

Rencana perubahan status IAIN Parepare menjadi UIN juga mendapat sorotan dan dukungan oleh beberapa pemerintah daerah seperti pemerintah kota Parepare, Pinrang, Barru, hingga pemerintah Kabupaten Enrekang.

Rektor IAIN Parepare, Hannani menjelaskan terkait seberapa jauh persiapan yang telah dilakukan untuk mengajukan perubahan status IAIN Parepare ini. "Tim telah menyusun proposal pengajuan menjadi UIN dan melengkapi kekurangan administrasi yg dibutuhkan sebagai kelengkapan," tuturnya.

Hannani juga menjelaskan mengapa dukungan dari pemerintah daerah ini sangat penting bagi perubahan status IAIN menjadi UIN. "Salah satu syarat untuk beralih status yaitu adanya dukungan dari pemerintah daerah yg menjadi sumber input mahasiswa. Dukungan yg diharapkan dari pemerintah daerah adalah surat rekomendasi mendukung peralihan status dari IAIN menjadi UIN Anregurutta KH. Abdul Rahman Ambo Dalle," sambung Hannani saat di wawancarai.

Resky Ayu Amelia, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) juga mengungkap rasa bangganya terhadap perubahan nama kampus. "Perubahan status IAIN menjadi UIN ini sangat membanggakan bagi saya, namun perubahan bentuk kelembagaan IAIN menjadi UIN ini harus diiringi dengan perubahan mindset dari para pimpinan, dosen, tenaga pendidik, dan pihak terkait agar perubahan ini tidak hanya nama," pungkasnya.

Resky juga berharap agar perubahan nama IAIN menjadi UIN dapat meningkatkan mutu dan kualitas dalam kampus nantinya. " saya berharap perubahan bentuk ini diikuti dengan adanya perubahan peningkatan mutu dan kualitas, Baik itu Penguatan bidang SDM Penelitian maupun. pengabdian kepada masyarakat menjadi sangat penting kedepannya," Harapnya.


Reporter: ASR

Redaktur: NRN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE