Home » » Kuliah Online Menghambat Proses Pembelajaran?

Kuliah Online Menghambat Proses Pembelajaran?

Posted by LPM REDLINE on Apr 18, 2024

Pict by: Eraspace.id

Kampus, Red Line News-- Mahasiswa keluhkan perkuliahan yang masih dilakukan secara online di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Sabtu (20/04).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Saepudin menuturkan bahwa perkuliahan online saat ini sudah tidak ada kecuali bagi Mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) “Perkulihan online itu sudah tidak ada kecuali mahasiswa MBKM” ucap Saepudin.

Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Andi Bahar mengatakan bahwa secara aturan dari pimpinan perkuliahan di semester ini dijalankan secara offline kecuali ada pengecualian. "Selain yang dikecualikan secara aturan itu ada lagi yang MBKM lintas perguruan tinggi di izinkan untuk online kalau yang perkuliahan normal tidak termasuk dalam pengecualian itu tentunya dari fakultas meminta dosen mengajak secara offline hadir secara langsung di kelas," katanya.

Andi Bahar menambahkan bahwa. "Memang sudah seharusnya masuk secara offline dan mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya kalau adek adek yang sulit mengikuti perkuliahan tampa tatap muka, disitulah fungsinya mesti perkuliahan dilakukan secara offline, pengetahuan yang ingin disampaikan dosen itu tersampaikan secara baik secara maksimal kepada adek adek Mahasiswa," jelas Andi Bahar saat di wawancarai.

Salah seorang Mahasiswi Program Studi (Prodi) Parawisata Syariah inisial SJ menanggapi hal tersebut, menurut nya perkuliahan online tidak efektif karena kurangnya interaksi antara Dosen dan Mahasiswa. "Kurang srek bagi saya karena kurangnya interaksi langsung antara dosen dengan teman-teman sekelas sehingga dapat mengurangi pemahaman belajar, dan juga susah jika ada masalah koneksi internet atau jaringan yang dapat mengganggu proses pembelajaran," ungkap SJ.


Reporter : HSN, HJR

Redaktur : ALY

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE