Home » » Tim Debat IAIN Parepare Berhasil Duduki Posisi Pertama pada Ajang EIFEST-5

Tim Debat IAIN Parepare Berhasil Duduki Posisi Pertama pada Ajang EIFEST-5

Posted by LPM REDLINE on 27 Oct 2020

Pamflet Tim Debat IAIN Parepare pada rangkaian lomba EIFEST-5 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten 27 Oktober 2020

 

Kampus, Red Line News -- Tim Debat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berhasil meraih juara pertama pada rangkaian lomba EIFEST-5 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten 2020, (27/10).

An Ras Try Astuti, ME selaku Ketua Prodi Perbankan Syariah periode 2019 - 2020 yang juga merupakan pembina Tim debat, menjelaskan persiapan tim sebelum mengikuti lomba debat bertaraf nasional itu. "Persiapan anak-anak yang pertama yakni menguatkan kebersamaan tim dan menyatukan pemahaman terkait menang dan kalah itu seperti apa. Sebelum pertandingan mereka mengumpulkan data dari beberapa dosen ekonomi, setelah itu data diolah, ada beberapa simulasi mosi pro dan kontra yang kami diskusikan, yaitu digitalisasi ekonomi, pasar tenaga kerja, revolusi industri 4.0, filantropi islam dan sistem kapitalisme," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan rasa bahagianya karena mahasiswa yang ia bimbing dalam lomba debat berhasil meraih juara pertama. "Sebagai saya merasa sangat bahagia, mereka memulai dan menyelesaikannya dengan sempurna, mereka membahagiakan banyak orang dan mengharumkan almamater," ungkapnya.

"Kedepannya semoga tongkat estafet kemenangan ini tidak hanya berhenti di mereka tapi mahasiswa yang lain juga bisa melanjutkannya. Saya juga berharap kampus menyediakan ruang atau wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplor kemampuan mereka. Salah satu output hadirnya lomba yang sifatnya menunjang akademik seperti debat ini adalah regenerasi," tutupnya.

Sebelumnya, Tim Debat wakil dari DEMA FEBI IAIN Parepare sudah diberi kepercayaan sebagai delegasi pada Lomba Debat Ekonomi Tingkat Nasional di IAIN Palopo. Namun, karena Pandemi Covid-19 masih mewabah, lomba tersebut tidak jadi dilaksanakan.

Rieyandy Aries salah seorang peserta tim debat IAIN Parepare mengungkapkan rasa bahagia dan bangga bisa meraih posisi pertama bersama timnya. "Ada kebanggaan tersendiri yang saya rasakan bisa berada di posisi ini. Meskipun saya pernah mengikuti lomba serupa, tapi belum bisa meraih juara." ungkapnya.

"Pada Lomba Debat Ekonomi Tingkat Nasional yg diadakan oleh UIN SMH Banten, saya masih dipertemukan dengan anggota tim yang sama. Berkat usaha bersama dari tim serta support dan doa dari mahasiswa juga dosen pembina yang senantiasa membimbing kami, akhirnya kami bisa berada di pencapaian yang tidak disangka-sangka, pencapaian yang mengharumkan nama kampus kita,"tutupnya.


Reporter : ASTAR

Redaktur: WAM

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE