Home » » Momen Kelahiran Pancasila, HMI Adakan Dialog Bincang Kelahiran Pancasila

Momen Kelahiran Pancasila, HMI Adakan Dialog Bincang Kelahiran Pancasila

Posted by LPM REDLINE on 2 Jun 2021

 

Dialog dengan Tema Relevankah Membincang Pancasila Saat ini
02 Juni 2021



Kampus, Red Line News--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Bumi Harapan laksanakan dialog di hari kelahiran pancasila dengan tema "Relevankah Membincang Pancasila Saat ini" bertempat di aula serbagguna KNPI,(01/06)


 pada kesampatan ini HMI Komisariat Bumi Harapan selaku penyelenggara kegiatan mendatangkan tiga pemateri yaitu, Basuki Busrah, Nahrul Hayat, dan Rusdianto.


Muhammad Luthfi selaku ketua umum HMI Komisariat Bumi Harapan mengungkapkan setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan pelaksanaan dialog pancasila ini "Sejatinya ada dua penekanan kenapa agenda dialog ini diadakan, salah satunya adalah bentuk ihtiar kita kembali pada kesadaran kita sebagai civitas intelektual di era modern ini,memperingati sesuatu itu tidak hanya sebatas posting di media sosial" ungkapnya.


Pada kesempatan ini juga Nahrul Hayat selaku pemateri ke-2 mengungkapkan masalah krusial yang saat ini di hadapi oleh bangsa ini " Masalah krusial negara hari ini bukan persoalan rivalitas  ideologi pancasila vs kilafah atau komunis, tapi implementasi nilai pancasila dalam kebijakan yang pro rakyat" ungkapnya.


Dia juga mengharapkan agar pancasila bisa menjadi sistem etika masyarakat, "Pancaila tidak hanya sekadar narasi politik, tapi menjadi sistem etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara", harapnya. 


Sahar selaku peserta mengungkapkan tanggapannya terkait pelakasaan kegiatan dialog ini "saat ini hanya teori-teori saja yang kita dengar terkait kepancasilaan namun tidak dibarengi dengan langkah-langkah untuk menegakkan kembali persoalan yang saat ini kita hadapi." ungkapnya


Rep : AS/HYT

Red : HMZ

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE